GuidePedia

DISKUSI: Gubernur Sulut DR SH Sarundajang saat menerima kunjungan Konjen RI untuk Prancis bertempat di Rudis Bumi Beringin Sabtu, 7 Februari 2015 kemarin.



manadoinside.com, Guna menciptakan hubungan kerjasama di sektor perikanan,  Sabtu, 7 Februari 2015 Pukul 10.00 Wita, bertempat di Rumah Dinas Gubernur di Bumi Beringin Manado, Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang menerima kunjungan Konjen RI untuk Perancis Dewi Mayangsari Kusuma Astuti.

Pertemuan Gubernur ini di didampingi pejabat di jajaran Setdaprov Sulut antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Perindustrian Pedagangan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Badan Penghubung Jakarta dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Provinsi Sulut.

Maksud kedatangan konjen adalah ingin menciptakan hubungan dagang Sulawesi Utara dengan Perancis dimana terdapat potensi perdagangan ikan yang besar di wilayah southern france. Dalam penyampaiannya kepada Gubernur dijelaskan bahwa terdapat pangsa pasar yang masih tersedia untuk produk tuna sebesar 300 ton pertahun di wilayah selatan Prancis, hal ini sangat menguntungkan coba untuk disampaikan dan diraih oleh pemerintah Indonesia khususnya Sulawesi Utara untuk menangkap peluang tersebut. Gubernur sangat menyambut baik hal tersebut dan tentunya masih akan mempelajari faktor - faktor pendukung lainnya sehingga potensi ini betul - betul nantinya bisa tergarap. Disamping itu Gubernur juga berharap konjen juga memerjuangkan produk - produk unggulan lainnya yakni cengkih, pala dan vanila yang sekiranya berpotensi untuk perdagangan di Prancis.

Walaupun cukup singkat berkunjung di Sulawesi Utara hanya beberapa jam namun kunjungan yang penting ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama perdagangan antara pemerintah Indonesia dan Sulut dengan Prancis dengan lebih baik lagi di tahun - tahun mendatang.(***)

 
Top