GuidePedia


Manadoinside.com,Rencana pemerintah untuk melakukan perombakan di tatanan pejabat eselon II mendapat dukungan dari DPRD Minut. Pasalnya, Sumber Daya Manusia (SDM) pejabat yang ditempatkan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masih komposisi lama dan banyak yang tidak sesuai dengan komptensi.

“Kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk melakukan mutasi dalam rangka mendongkrak kinerja pemerintahan VAP-Jo ke depan. Apalagi memang dari evaluasi dewan terhadap kinerja SKPD, beberapa pejabat yang ditempatkan tidak sesuai dengan kompetensi atau keahliannya,”terang wakil ketua DPRD Minut Denny Wowiling.

Dewo sapaan akrab politis Golkar ini mengatakan, evaluasi yang saat ini tengah dilakukan pemkab Minut harus betul-betul mempertimbangkan kompetensi dan keahlian pejabat pemerintahan, sebab menurutnya penguasaan pejabat terhadap SKPD yang dinaungi berpengaruh pada realisasi program, realisasi anggaran, dan serapan pendapatan daerah.

“Ada beberapa aspek kegagalan SKPD ditriwulan I terutama sisi serapan anggaran, ini karena SDM yang tidak pas dan tidak cocok ditempatkan di SKPD tersebut,”kata Dewo.

Terpisah, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) mengatakan, Pemkab saat ini tengah melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh SKPD agar setelah 6 bulan tenggang waktu untuk melakukan pergantian pejabat, bisa langsung dilakukan pelantikan, dengan mengikuti mekanisme perekrutan yang tertuang dalam aturan ASN.


“Rolling pejabat sudah pasti akan dilakukan. Saat ini kami sedang mengevaluasi mana-mana saja pejabat yang bisa dipertahankan dan yang akan dirotasi. Yang pasti pelaksanaan rolling nanti tujuannya untuk meningkatkan kinerja seluruh SKPD dalam mewujudkan program yang telah kami susun dalam visi-misi VAP-JO,”ujar VAP.(jp)
 
Top