GuidePedia


Manadoinside.com,Pelaksanaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) Komite Nasional Pemuda Indoensia (KNPI) ke-XIII yang di gelar di Aula GSG Tiberias Kiniar Tondano dituding illegal. Pasalnya Muskab KNPI ke-XIII telah dilaksanakan dan kepengurusannya sudah mendapat legitimasi dari DPP KNPI yang ditandai dengan diterbitkanya Surat Keputusan (SK) komposisi kepengurusan KNPI Minahasa dibawah pimpinan Theo Umbas yang ditanda tangani langsung oleh ketua DPP Fath A Rafiq dan Sekjen Cupli Risman.

“Dalam Mukernas di Jakarta waktu lalu, sudah jelas bahwa kepengurusan KNPI yang diakui pemerintah dibawah kepemimpinan Fath A Rafiq, dan SK kepengurusan DPD II KNPI Minahasa hasil Muskab 11 Juni lalu sudah dikeluarkan dan ditanda tangani langsung oleh ketua DPP, jadi tidak ada lagi Muskab KNPI Minahasa, jikapun ada pasti illegal dan kepengurusannya dari DPD II, DPD I dan DPP sudah pasti tidak jelas.”kata Allan Parinusa tokoh pemuda Minahasa.

Parinusa juga sangat menyayangkan sikap pemerintah kabupaten Minahasa yang turut melegalkan pelaksanaan Muskab yang  jelas-jelas menyalahi aturan. Sikap pemerintah tersebut menurutnya sangat subjektif dan terkesan mengajarkan generasi muda untuk menabrak aturan.

“Sikap subjektif pemerintah ini menjadikan pemuda Minahasa terkotak-kotak dan menimbulkan kesan pemerintah kabupaten Minahasa tidak mendukung SK yang dikeluarkan Kemenkumham tentang komposisi kepengurusan KNPI pusat dibawah kepemimpinan Fath A Rafiq.”tegas Parinusa.

Sementara Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) membantah jika Muskab KNPI ke-XIII di Aula GSG Tiberias Kiniar Tondano, sabtu (2/7) illegal, malah ia mengatakan tidak mendukung Muskab KNPI yang digelar di Tompaso (11/6) lalu karena tidak sesuai prosedur dan aturan. Banyak hal menurutnya yang dilangkahi dalam pelaksaan Muskab tersebut.

 “Sebagai Bupati saya merasa bangga menghadiri kegiatan kepemudaan seperti ini. Sekaligus saya mau meluruskan bahwa, sebagai wadah pemuda, berjalanlah dalam aturan-aturan yang benar, karena setiap organisasi pasti punya AD/ART yang mengatur dan harus ditaati. Sebagai aset bangsa, pemuda yang adalah pemimpin-pemimpin dimasa yang akan datang seharusnya komitmen dalam menjalankan aturan itu sendiri agar tertib”ungkap Bupati.

Muskab KNPI ke-XIII yang di gelar sabtu tadi, Niki Sajow terpilih secara aklamasi. Dalam Muskab tersebut dihadiri Kapolres Minahasa, DPD KNPI Oklen Waleleng mewakili Jackson Kumaat serta pimpinan OKP.(jp)  
 
Top