GuidePedia


Manadoinside.com,Agenda Pemkab Minahasa untuk melakukan kunjungan kerja ke Serbia dan Rusia tuai sorotan masyarakat, keberangkatan romobongan Pemkab Minahasa yang dipimpin Bupati Jantje Wowiling Sajow (JWS) tersebut dinilai hanya menghaburkan uang rakyat. Tokoh pemuda Minahasa Edwin Pratasik mengatakan, perjalanan keluar negeri yang dilakukan Pemkab Minahasa selama ini belum memberikan dampak berarti bagi investasi maupun sektor pariwisata di Minahasa.

“Dana APBD yang digelontorkan untuk membiayai perjalanan ini bukan nilai yang kecil, sementara dampak positifnya untuk daerah belum tentu ada, ini bisa dibuktikan dengan perjalanan keluar negeri di tahun-tahun sebelumnya yang efeknya hampir tidak nampak bagi ruang investasi maupun sektor pariwisata Minahasa.”kata Pratasik.

Pratasik berharap, kunjungan kerja keluar negeri kali ini benar-benar untuk memperomosikan potensi daerah dan memperkenalkan seni budaya Minahasa, bukan jalan-jalan keluar negeri berkedok kunjungan kerja untuk mengisi libur panjang yang menimbulkan kesan menghambur-hamburkan uang rakyat,  sebab uang yang digunakan untuk membiayai perjalanan ini diambil dari uang rakyat yang jumlahnya tidak sedikit.

“Kami berharap hasil kunjungan ini akan membawa dampak positif bagi daerah sehingga selesai melakukan lawatan keluar Serbia dan Rusia, akan banyak wisatawan dari kedua negera tersebut berkunjung ke Minahasa.”ungkap Pratasik. 
  
Terpisah, juru bicara Pemkab Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan, perjalaan Bupati dan rombongan ke Serbia dan Rusia, selasa (5/7) hingga (17/7), untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan lembaga pendidikan di Serbia serta pengenalan alat musik kolintang pada acara open house Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd. Selain itu kunjungan kerja di Serbia ini atas undangan khusus Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Beograd dengan nomor 034/DB/IV/2016 tertanggal 9 Juni 2016 dalam rangka menjalin kerjasama dengan Serbia khususnya dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia.

“Setelah dari Serbia, Bupati JWS akan melakukan kunjungan kerja di Rusia untuk menyaksikan tampilan paduan suara Pemkab Minahasa (Minahasa Regency Choir) yang dibinanya selama ini, yang mengikuti lomba paduan suara se-Dunia ke-9 tahun 2016 (9th World Choir Games 2016) pada (13/7) hingga (15/7) di Sochi, Rusia.”terang Tumundo.


Tumundo menambahkan, dalam lawatan ke dua Negara di eropa timur ini, Bupati JWS didampingi Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Ketua DWP Seeve Korengkeng-Warouw, Asisten II Dr SW Siagian MA, Asisten III Hetty Rumagit SH dan Kadis Dikpora Drs Jemmy Maramis serta beberapa pejabat Pemkab Minahasa.(jp)
 
Top