GuidePedia

Manadoinside.com,Komitmen Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan wakil bupati Joppi Lengkong dalam menjadikan pertanian sebagai sektor andalan Minahasa Utara mendapat apreseasi dari Menteri Pertanian RI Dr.Ir Andy Amran Sulaiman. Dalam lawatannya ke Minahasa Utara untuk menghadiri panen raya jagung di desa Tontalete kecamatan Kema, Andy mengaku bangga atas keberhasilan Pemkab Minut dalam memajukan sektor pertanian dan mampu memberdayakan lahan tidur.
“Saya sangat mengapreseasi upaya pemerintah dalam memajukan sektor pertanian dengan memberdayakan kelompok tani yang ada di Minahasa Utara, khususnya petani jagung. Hal ini perlu didukung dan mendapat support dari pemerintah pusat, untuk itu saya akan berikan bantuan kepada pemerintah Minahasa untuk peningkatkan produksi pertanian.”kata Andy, jumat (26/8).
Andy berjanji akan meningkatkan bantuan untuk Sulut, yang tahun 2016 ini hanya 50 ribu hektar lahan jagung, tahun 2017 akan dinaikan menjadi 100 ribu hektar lahan. Dan bahkan ia akan memberikan porsi besar untuk Minahasa Utara dari total bantuan tersebut.
“Khusus Minahasa Utara, saya bisa kasih bantuan 40 ribu hektar lahan dari total 100 ribu hektar bantuan untuk Sulut.”ujar andy.
Pada kesempatan itu, Andy juga memberikan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani berupa motor pengangkut hasil pertanian, traktor, mesin pompa air dan benih.
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengatakan, Minahasa Utara memiliki lahan seluas 46 ribu hektar lebih, dan yang ditanami jagung sudah mencapai 9 ribu hektar lebih dari 11 ribu hektar lahan yang ditargetkan.”Produksi jagung 5 sampai 6 ton per hektarnya.”terang VAP sapaan akrabnya.
Pada kesempatan itu, VAP juga menyampaikan terimakasih kepada Menteri Pertanian dan Gubenur yang telah memberikan perhatian lebih kepada petani di Minahasa Utara. Disamping itu, ia juga memberikan apreseasi kepada Babinsa dan penyuluh pertanian yang telah memberikan motivasi pendampingan kepada petani sehingga hasil produksi bisa meningkat.

Hadir dalam panen raya jagung tersebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo, Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Agusto Sulaiman, Marpaung Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Supartodi SE MSi, Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong, Forkopimda Minahasa Utara, pejabat eselon II dan III serta perwakilan kelompok tani se Minahasa Utara.(joel) 
 
Top