GuidePedia

Menteri ATR Sofyan Djalil saat menyambangi BPN Minut
Manadoinside.com,Kantor Pertanahan Kabupaten Minahasa saat ini masih kekurangan juru ukur tanah. Keterbatasan tenaga ukur tanah ini menyebabkan pelayanan kepada masyarakat kurang maksimal. Hal ini disampaikan kepala BPN Minahasa Utara Sammy Dondokambey saat berdialog dengan menteri Agrarian dan Tata Ruang Sofyan Djalil di kantor BPN Minut.
“Petugas ukur kami sangat minim sehingga mempengaruhi kinerja kita di lapangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Meski memiliki keterbatasan petugas ukur, namun kami selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik dalam hal membuat sertifikat tanah. ungkap Sammy
Menanggapi hal ini, Menteri Sofyan Djalil mengakui jika minimnya petugas ukur merupakan permasalahan yang sedang dialami oleh hampir seluruh BPN di Indonesia, untuk itu kementrian ATR telah mengeluarkan aturan yang memberikan ruang kepada tenaga pengukur swasta professional untuk melakukan pengukuran tanah. Hal ini menenurutnya salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan petugas ukur.
“Saat ini pengukuran tanah tidak mutlak harus dari BPN. Masyarakat bisa menggunakan jasa pihak swasta untuk melakukan pengukuran. Hal ini selain membantu kinerja BPN juga memberikan peluang kerja kepada pensiunan BPN untuk membuka jasa pengukuran tanah.”kata Sofyan Djalil.

Pada kesempatan itu, Sofyan Djalil juga mengingatkan kepada seluruh petugas BPN untuk bekerja dengan tulus melayani masyarakat serta  tidak melakukan pungutan diluar ketentuan yang ada. JIka kedapatan melakukan Pungli, akan diberikan sangsi tegas hingga ke pemecatan sebagaimana instruksi presiden.(joel)
 
Top