GuidePedia

ASN Minut saat melakukan apel Korpri
Manadoinside, Pernyataan Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Ir Joppi Lengkong bahwa pekan ini  gaji ASN Minut akan direalisasikan ternyata bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan.

“Belum ada satupun Satuan Kerja Perangkat Daerah yang mengajukan permohonan anfrak gaji,” tukas Hengki Langi Sekretaris Badan Keuangan Minut saat diwawancarai Manadoinside.com Selasa di ruang kerjanya.

Langi yang didampingi Kepala bidang perbendaharaan dan kas daerah Armando Nuah menuturkan.

Pihaknya (Badan Keuangan) telah siap dengan anggaran gaji yang ada namun semua tergantung dari usulan dari setiap SKPD.

“Bila mereka mengusulkan pagi ini maka kami akan langsung memprosesnya. Bisa saja langsung dicairkan hari ini juga,” umbar Langi diaminkan Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah.

Dikatakan, lambatnya pengajuan permohonan gaji ini akibat dari perubahan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) per 1 Januari. Dan ini berlaku di seluruh kabupaten kota yang ada.

Armando Nuah juga menambahkan untuk tahun 2016 yang lalu untuk gaji seluruh ASN di Kabupaten Minut per bulannya berjumlah sekitar 17 milliar yang dibayarkan langsung ke rekening.

“Untuk tahun ini belum bisa dipastikan karena sedang dilakukan verifikasi kembali akibat pengurangan beban pembayaran gaji ASN yang dialihkan ke provinsi. Pengurangan tersebut untuk SMA berjumlah 299 orang, Kehutanan 34 orang dan Dinas Sosial 17 orang,” terang Nuah.

Rubby Worek
 
Top