GuidePedia

Demo penyelamatan korban dari ketinggian (Vertical Rescue) oleh tim Basarnas Manado

Manadoinside.com, Hari Ulang Tahun Badan SAR (Search And Rescue) Nasional ke-45 diperingati institusi ini dalam satu upacara yang dilaksanakan Selasa (28/2/2017) di kompleks perkantoran Basarnas Jalan Worang By Pass Kabupaten Minahasa Utara dipimpin langsung Kepala Kantor Badan SAR Nasional Manado Budi Cahyadi S.Sos.


Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Muda M. Syaudi MM, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Cahyadi mengatakan
Basarnas terus berupaya senantiasa siap siaga dalam segala kemungkinan potensi bencana serta meningkatkan kerjasama dengan organisasi potensi SAR sehingga dapat memberikan pelayanan jasa SAR yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan.


Oleh karenanya HUT SAR kali ini mengambil tema “Sinergitas Badan SAR Nasional dan potensi SAR dalam rangka mewujudkan pencarian dan pertolongan yang cepat, tepat dan handal untuk meningkatkan kinerja”


Cahyadi kepada wartawan usai upacara  mengatakan Basarnas dalam menghadapi tugas di lapangan berusaha mengedepankan 4 hal yakni  profesionalisme, paham benar dengan apa yang harus dilakukan, mekanisme kerja sesuai dengan aturan, peralatan harus lengkap dan menunjang serta kekompakan internal dan kekompakan eksternal antara Basarnas dan potensi SAR itu sendiri.


“Untuk peningkatan Potensi SAR Basarnas juga mengadakan beberapa diklat peningkatan kemampuan potensi SAR di kalangan siswa dan mahasiswa, RAPI serta ORARI, sesuai dengan karakter bencana yang ada di Sulawesi Utara,” terang Cahyadi.


Ditambahkan saat ini Basarnas Manado sedang mengusulkan pengadaan Helikopter untuk penyelamatan korban yang tidak bisa dijangkau cepat lewat darat ataupun laut.


“Hal ini untuk memenuhi filosofi Basarnas yaitu cepat dan benar dalam penanganan musibah ,” kuncinya.


Lanjut Cahyadi, penangnan pencarian korban hilang baik di laut maupun darat mengikuti undang-undang yang ada yakni selama 1 minggu, hal ini mengingat potensi bertahan hidup dari korban kecil kemungkinannya setelah lewat 1 minggu.


“Namun demikian segenap potensi SAR yang ada akan terus memantau dan memonitor apabila terjadi erkembangan baru,” imbuh Cahyadi lagi.


Dalam upacara ini diserahkan penghargaan kepada beberapa anggota Basarnas maupun potensi SAR (RAPI,ORARI, dll) yang berprestasi dan telah melakukan tugas dengan benar.


Juga diserahkan beberapa hadiah dan tropi juara bagi kelompok anak SMA dan SMK yang mengikuti beberapa lomba rescue yang dilaksanakan oleh Basarnas.


Usai upacara, diadakan demonstrasi penyelamatan korban bencana yang terjebak di ketinggian (Vertical Rescue) oleh beberapa anggota Rescue.

Rubby Worek



 
Top