GuidePedia

Polindes Desa Tumbohon oleh Wabup Ir Joppi Lengkong Rabu (22/2/2017) dan deklarasi tidak BAB sembarangan disaksikan wabup dan ketua Tim penggerak PKK Minut Jeivy Wijaya S.Th.

Manadoinside.com, Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan yang diwakili oleh Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong mengajak warga Desa Tumbohon Kecamatan Talawaan untuk memanfaatkan lahan pertanian dengan menanam.

Hal ini disampaikan Wabup Lengkong pada acara perayaan hari ulang tahun Desa Tumbohon Kecamatan Talawaan ke-110 Rabu (22/2/2017).

“Tahun ini lewat bantuan kementrian pertanian  Minahasa Utara akan menanam 50 ribu hektar, warga desa yang memiliki lahan pertanian diminta untuk berperan aktif menunjang program pemeritah ini. Program mari menanam ini akan lebih mudah diaplikasikan bersama dalam kelompok tani. Jadi warga bisa membentuk kelompok tani agar lebih mudah menerima bantuan dari pemerintah,” terang Lengkong.

Selain itu Wabup Lengkong juga mengingatkan kumtua untuk berhati-hati dalam menggunakan dana desa dan ADD.

“Hati-hati namun harus berani agar pembangunan dapat terus berjalan, imbuh Lengkong.

Hari jadi Desa Tumbohon ini Wabup Lengkong juga meresmikan Pondok Bersalin Desa  (Polindes).

Peresmian ini didampingi dan disaksikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Minut Jeivy Wijaya S.Th, Camat Talawaan Johan Wewengkang, S.Sos M.Kes, Danramil 1310-04 Dimembe Kapten Inf. Malfrets Takumansang, Kepala Puskesmas Talawaan dr Ezra Suatan, Hukum Tua Desa Tumbohon Eny Martha Pantouw S.Sos tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya diadakan ibadah syukur yang dipimpin bersama oleh 5 pendeta yang bertugas di desa tersebut.

Dalam acara hut ini, warga yang diwakili kumtua, tokoh agama dan tokoh masyarakat  juga mendeklarasikan untuk tidak Bang Air Besar (BAB) sembarangan. Wabup Lengkong mengapresiasi gerakan dibidang kesehatan ini dengan memberikan piagam penghargaan kepada hukum tua.

Kepala Puskesmas Talawaan dr Ezra Suatan menyampaikan Polindes yang dibangun  dengan anggaran  dana desa sebesar 200 juta adalah upaya untuk melayani ibu-ibu sebelum persalinan, saat persalinan dan sesudah persalinan.

“Petugasnya adalah bidan desa yang diugaskan khusus dari Puskesmas, sedangkan deklarasi tidak BAB sembarangan untuk mengajak warga hidup lebih sehat,”jelas Suatan.

Terpisah Camat Talawaan Johan Wewengkang mengatakan mensuport pembangunan yang ada di desa desa yang ada di kecamatan Talawaan.

“Pemerintah Kecamatan Talawaan terus mendorong percepatan pembangunan yang dilakukan di setiap desa di Kecamatan Talawaan, hal ini merupakan dampak dari turunnya dana desa dan ADD yang digunakan secara maksimal,” ujar Wewengkang.

Rubby Worek


 
Top