GuidePedia

Penandatanganan  seiumlah proyek Desa Palaes oleh Kadis PMD dan Sosial Dr Cakrawira Gundo M.Si dan Camat Likbar Chresto Palandi SSTP M.Si
Manadoinside.com Membangun dari pinggiran sesuai dengan program Presiden Jokowi dijabarkan Desa Palaes Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pemerintah dan masyarakat melakukan penanaman perdana  jagung seluas 200 hektar areal yang dilaksanakan Selasa (14/2/2017).

Bupati Minut yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Sosial Dr Cakrawira Gundo M.Si mengatakan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat Desa Palaes.

“Semangat membangun untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian seperti ini perlu terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Kami juga menghimbau pembangunan di desa Palaes untuk terus bersinergis dengan visi misi Pemkab Minut Dana Desa.

Kiranya dana yang diperoleh dari dana desa yang berasal dari APBN, ADD dari APBD dan dana bagi hasil Pajak  yang bisa mencapai 1 miliar lebih hendaknya digunakan dengan baik demi kesejahteraan warga,” ujar Gundo.

Lanjut Gundo juga mengingatkan untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Diharapkan desa ini boleh mengeksport satu produk asli dari desa melalui usaha yang dikelola Bumdes,” tukas Gundo.

Acara penanaman jagung ini dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan monumen desa di depan kantor desa, peresmian kantor desa 2 lantai dan peresmian jalan rabat beton dan drainase yang menggunakan dana desa dan ADD tahun 2015 dan 2016.

 “Keseluruhan dana pembangunan di desa Palaes ini mencapai 430 738 juta rupiah,” terang Hukum Tua Palaes Agus Dj Sigar dalam laporannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ibada ucapan syukur yang dipimpin oleh Ketua Jemaat GMIM Hosiana Palaes Pdt Masiani Wawowori Sth. Terlihat juga warga muslim berbaur dalam ibadah ini.

Acara ini dihadiri oleh, Plt Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks, Camat Likupang Barat Chresto Palandi SSTP M.Si, Danramil 1310-03 Likupang, Kapten Inf. Tonni Wurangian, Kapolsek Likupang Hendrik Rantung, anggota Dewan Minut Arlens Pungus  dan Abram Eha.

Rubby Worek




 
Top