GuidePedia

AKUR: Bupati VAP dan Sekda Sandra Moniaga dalam satu kegiatan Pemkab.
Manadoinside,- “Saya tidak mau melanggar aturan, Saya harus berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi(Pemprov), Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP), dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait status saya.

Sebab hingga kini saya belum dikukuhkan sebagai Sekda Definitif,” tukas Sekdakab Minahasa Utara (Minut) Ir Sandra Moniaga, M.Si saat diwawancarai wartawan di kantor bupati Kamis, (2/2/2017).

Menurut Moniaga, setelah konsultasi tersebut, sesuai undang- undang dirinya masih sah sebagai sekda. Dari landasan itu saat ini akunya sebagian SK sudah ditandanganinya.

"Ini soal aturan posisi dan ketentuan tentang jabatan birokrasi yang benar-benar harus sesuai perundangan," terangnya..

Hal ini disampaikannya  menyusul santer kabar beredar sampai ke Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan bahwa SK bendahara dan berkas lainnya terkait pencairan gaji ASN Minut belum juga ditandatangani Sekda.

Bahkan disebutkan Sekda enggan menandatangani SK tersebut dengan alasan yang tidak jelas.
 
Moniaga mengaku dirinya bukan menghalangi penandatanganan berkas SK maupun administrasi pencairan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Minut seperti yang disangkakan kepadanya lewat pemberitaan media.

Bupati VAP sempat berang menerima laporan tersebut.

 “Saya tidak pernah menghalangi pencairan gaji ASN, kalian lihat sendiri ini ulah siapa, saya tidak mau di’kambing hitamkan’, saya bahkan menelpon sekprov baru kemudian SK ditandatangani Sekda,” tegas Panambunan dengan nada tinggi saat dicegat wartawan.

Polemik terlambatnya gaji ASN Minut ini membias dan semakin menarik diikuti akibat kompleksitas yang terjadi.

Berawal belum tertatanya struktur di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, belum adanya SK ASN di OPD, SK bendahara yang tidak kunjung terbit dan yang terakhir belum dikukuhkannya Moniaga sebagai Sekda definitive.

Terpisah Kepala Badan Keuangan Minut Robi Parengkuan saat diwawancarai Kamis (2/2/2017) kemarin mengatakan.

Pihaknya siap membayar gaji ASN Minut namun tinggal menunggu usulan dari masing-masing SKPD, Menurut Parengkuan, sudah ada SKPD yang kami bayarkan pada minggu ini, jika berkas permohonan yang dimasukan pagi hari dinyatakan lengkap, sorenya jam 15.00 pasti langsung ditransfer ke masing-masing rekening ASN.

“Sistimnya sekarang online, ketika dinyatakan lengkap melalui verifikasi, kami tinggal mengklik. Tidak lagi dengan cara export manual seperti tahun lalu.

Sedangkan untuk besaran gaji ASN di Minut berkisar 15 Miliar per bulan,” terang Parengkuan.

Rubby Worek
 
Top