GuidePedia

VAP menyematkan tanda peserta kepada 2
Orang siswa peserta seleksi.       
Manadoinside.com, Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan (VAP) membuka seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Minahasa Utara tahun 2017 Selasa (14/3/2017) di atrium Kantor Bupati Minut.


Seleksi yang digelar ole Dinas Pemuda dan Olahraga ini diikuti oleh 164 orang siswa SMK/SMA kelas XI se-kabupaten Minut.


Bupati VAP pose bersama calon paskibraka didampingi Plt Sekda Didi Arnolus Wolayan
Bupati VAP dalam sambutannya menyampaikan merasa bangga terhadap antusias peserta dalam mengikuti seleksi.

“Saya yakin kegiatan seperti ini merupakan sarana yang tepat dalam meningkatkan mental dan disiplin serta kualitas sumber daya manusia generasi muda Minahasa Utara. Paskibraka ini kiranya dapat melahirkan generasi muda yang handal dan dapat diandalkan nanti,” ujar Panambunan.


Ditambahkan VAP, peserta agar menjaga kesehatan dan mental karena  tugas mengibarkan bendera pada HUT Proklamasi nanti adalah tugas mulia yang diamanatkan Negara bagi mereka yang terpilih nanti.
Terpisah, Ketua Panitia seleksi Vilma Anthony SH MH , seleksi Paskibraka ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai Selasa (14/3-16/3/2017).


Syarat utama peserta seleksi adalah laki-laki beringgi badan 165, sedangkan perempuan 160. Bagi yang memiliki tinggi badan kurang dari itu langsung dipulangkan, sementara yang lolos langsung dikarantina selama 3 hari di kompleks militer Kompi Senapan(Kipan) Kelurahan Sukur Kecamatan Airmadidi. Mereka akan dilatih oleh anggota TNI dari Kdim 1310 Bitung bersama dengan pasukan dari Kipan Sukur.


“Dari seleksi yang ketat, akan dipilih 32 orang yang dinyatakan lolos. 30 orang akan bertugas dalam upacara HUT Proklamasi di Minut.


Sementara 2 orang lainnya akan bertugas di Provinsi Sulut, bahakan jika lolos akan dikirim ke Istana Negara Jakarta untuk ikut mengibarkan bendera pusaka,” jelas Anthony yang juga Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda didampingi Sekretaris Panitia Maykel.


Panitia seleksi dibantu oleh Purna Paskibraka Minut yang pernah ikut sebagai Paskibraka beberapa tahun sebelumnya.

Rubby Worek

   
 
Top