GuidePedia

Peresmian kabel bawah laut yang di lakukan bersama Bupati Minut, Vonnie Panambunan, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto dan Direktur NIT Telin Nanang Hendratmo.  

Manadoinside.com, Potensi Kabupaten Minahasa Utara (Minut), baik sumber daya alam dan letak geografis yang sangat strategis membawa berkah tersendiri bagi kemajuan pembangunan, karena dukungan potensi ini Minut terus dilirik para investor.


Bertempat di pantai Firdaus Desa Kema I dan II Kecamatan Kema Miut Kamis (6/4/2017), PT Telkom International (Telin) yang merupakan perusahan raksasa di bidang telekomunikasi menggelar acara Soft Opening Cable Landing Station yang merupakan awal dari mega proyek  System Komunikasi Kabel Laut SEA-US yang pertama yang menghubungkan Indonesia, Philipines dan Amerika Serikat.


Awal sejarah baru pertelekomunikasian di ndonesia ini diresmikan bersama oleh Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan (VAP) dan Direktur Network and Information Technologi (NIT)Telin, Nanang Hendarmo.
Bupati VAP dalam sambutannya bangga dan bersyukur dengan adanya mega proyek komunikasi bawah laut ini.


“Setelah adanya Bendungan Kuwil, Jalan Tol dan Lintasan Kereta Api, kini ada proyek kabel komunikasi bawah laut ini. Saya tidak menyangka akan ada proyek komunikasi yang bergengsi dan sebesar ini di Minut. Hal ini tentunya harus disambut dengan syukur karena Minut dipilih sebagai lokasi landing cable ini,” tukas Panambunan.


Terpisah Direktur NIT-Telin Nanang Hendratmo saat diwawancarai menjelaskan. Pemasangan kabel akan selesai pada bulan Juni, kemudian system akan beroperasi pada bulan juli.

Pada saat beroperasi SEA-US akan memanjakan pelanggan layanan internet di Indonesia khususnya pelanggan korporat, indihome dan selular dengan kualitas layanan tercepat yang pernah ada di Indonesia dan Amerika Serikat.


Dipilihnya Sulut khususnya Minut dan pantai Kema ini karena dinilai aman, baik dari gempa dan gangguan lainnya. Sedangkan untuk jaringan yang ada sebelumnya akan membackup jaringan yang akan terpasang nanti.


“SEA-US akan terintegrasi dengan system kabel bawah laut lain yang dimiliki Telkom Group, baik global maupun domestic. Mega proyek ini didukung juga oleh enam perusahan Telkom yang ada di Indonesia dan luar negeri,” terang Hendratmo.


Usai acara Landing Cable Station ini dilanjutkan dengan peresmian Kantor perwakilan Telin di Desa Kema I Kecamatan Kema.


Ikut hadir dalam acara ini  Kapolres Minut AKBP Eko Irianto, Koramil Kauditan Kapten Inf. R Tamalawe, Kapolsek Kema AKP Ibrahim Abdul Wahid, Plt Sekda Minut ArnolusWolajan, Camat Kema Alfret Pusunggula dan Hukum Tua Kema II Max Cornelezt.


Sedangkan Leader Telkom Group terdiri dari, Executive GM Planning Network Deployment Telkom Revolin Simulsyah, GM Sulut-Malut Telkom Aristo Pangaribuan, GM Sub Marine Network Division NEC Mr. Toro Kawauchi, Presdir PT NEC Mr. Ichiro Kurihara, CEO Telkomcel Dedi Suherman, AVP Contruction Telkom Infra Ashari Afi dan perwakilan Telkom Philipine Gusmao Santos.

Rubby Worek



 
Top