GuidePedia

Kapolres Minut Alfaris Patiwael melakukan peninjauan fasilitas yang ada di Mpolres Minut Rabu (24/5/2017)
Manadoinside.com,  “Masyarakat harus jadi polisi bagi diri sendiri” hal ini dikatakan Kapolres Minahasa Utara AKBP Alfaris Patiwael SIK MH Rabu (24/5/2017) di Mapolres Minut.



Sehari pasca dilakukan serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat Kapolres Minut yang lama AKBP Eko Irianto SIK yang kini menjabat  Kabid Propam Polda Gorontalo, kepada pejabat baru Kapolres AKBP Alfaris Patiwael SIK MH yang sebelumnya menjabat Kasubdit Regident Direktorat Lantas Polda Sulut Selasa (23/5/2017) di Aula Catur Prasetya Mapolda Sulut.Patiwael sebagai Kapolres Minut yang baru langsung melakukan peninjauan dan pembenahan di sejumlah ruangan yang ada di Mapolres.


Sejumlah unit kerja dipindah saling bertukar tempat dengan unit yang lain. Kecuali ruangan para kabag, setiap ruangan mengalami perubahan sesuai perintah Kapolres yang saat itu langsung menggambar denah ruangan dan unit-unit mana yang akan menempatinya.


Menurut Patiwael saat diwawancarai media ini, sebagai Kapolres yang baru dirinya akan melanjutkan keberhasilan yang sudah dilakukan oleh Kapolres yang lama yang sudah terbukti berhasil.


Seperti pola-pola yang ada dimana masyarakat diberdayakan menjadi polisi bagi dirinya sendiri untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga kamtibmas di Minut.


 “Namun demikian saya akan berupaya mengembangkan pola-pola penindakan untuk mengantisipasi kerawanan yang ada karena wilayah Minut ini trend gangguan kamtibmas yang cukup signifikan terhadap penganiayaan yang berawal dari mengkonsumsi minuman keras,” terang Patiwael.



Terkait perubahan posisi ruangan unit kerja, Kapolres mengatakan dirinya tidak merubah pelayanan di Mapolres melainkan mereposisi kembali.


 “Tujuannya adalah untuk membuat nyaman bagi anggota dalam bekerja yang juga akan dirasakan oleh masyarakat tentunya,” tukas Kapolres yang berjanji akan meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi.


“Untuk perkara-perkara yang harus diselesaikan yang menjadi domain Polres akan tetap diprioritaskan dan kalau ada masalah yang menghambat merupakan dinamika yang ada dalam tugas kepolisian namun tetap akan dioptimalkan penuntasannya,” kunci Kapolres.

Peninjauan ruangan unit kerja ini dilakukan usai acara ‘Pedang Pora’ yang menjadi tradisi pisah dan sambut pejabat baru dan lama di lingkungan kepolisian.


Adapun acara pedang pora ini berlangsung hikmat dan mengharukan. Hal ini terlihat saat mereka berebutan menyalami pejabat Kapolres lama. Eko Irianto terbilang berhasil dalam tugasnya di Minut, baik itu menjalin kemitraan dengan Pemkab Minut, Forkopimda, Pers, Masyarakat maupun dengan seluruh anggota Polres Minut.


“Kebersamaan yang tidak bisa saya lupakan, yang akan saya ceritakan kepada anak cucu saya,” sebut KBO Lantas Iptu Rusman Saleh dalam akunnya melepas mantan ‘bos’nya yang saat itu sebagai salah satu anggota regu pedang pora.


Rubby Worek




 
Top