GuidePedia

Bupati VAP bersama Wabup saat menyerahkan bantuan Alsintan
Manadoinside.com, Petani Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menerima bantuan berbagai macam alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Alsintan ini diserahkan secara langsung kepada 50 Ketua Kelompok Tani di Minut oleh Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) yang didampingi oleh Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong dan Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks Rabu (17/5/2017) di Kelurahan Sarongsong Kecamatan Airmadidi.


Bupati VAP didampingi Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks saat memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan Alsintan
Bupati VAP saat menyerahkan bantuan mengatakan hendaknya kelompok tani yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan dengan baik untuk kepentingan anggota kelompok.

“Bantuan yang diserahkan ini merupakan hasil dari lobi langsung ke Menteri Pertanian Andi saat beliau berkunjung ke Desa Kema beberapa waktu lalu, yang kemudian ditindaklanjuti  di Jakarta. Ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak. Saya berharap seterimanya alsintan ini petani bisa meningkatkan produksi pertanian karena ini akan dievaluasi. Mohon kiranya alat ini dirawat dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam waktu yang panjang,” pesan Bupati VAP.


Kepala Dinas Pertanian Ir Joseph Aliks, dalam laporannya menjelaskan bantuan ini merupakan usulan proposal tahun 2016 lalu yang direalisasikan pada tahun 2017.


“Alsintan ini terdiri dari 5 unit traktor, 33 handtractor, pompa air, alat perontok padi, alat panen jagung yang merupakan  bantuan Kementrian Pertanian tahun 2017. Alat ini diberikan kepada petani melalui kelompok tani dengan sistim pinjam pakai. Untuk penggunaannya para pemanfaat hanya menanggung bahan bakar dan membayar tenaga operator,” terang Aliks.


Hadir dalam penyerahan bantuan ini Dandim 1310 Bitung Minut-Bitung Letkol Inf. Deden Hendayana, Plt Sekda Minut Arnolus Wolajan SSTP, Asisten I Minut Drs Rivino Dondokambey, Staf Ahli, para pejabat SKPD, Camat dan Hukum Tuadimana Kelompok Tani melakukan kegiatan. Ikut juga menerima bantuan kelompok Tani dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).(***)
 
Top