GuidePedia

Bupati Vonnie Anneke Panambunan di kobong (kebun) melakukan panen perdana jagung Senin (22/5/2017) di Desa Paniki Atas Kecamatan Talawaan.
Manadoinside.com, Komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk membangun di bidang pertanian terus ditunjukan.

Bupati Vonnie Aneke Panambunan (VAP) didampingi oleh Plt. Sekda Minut Arnolus Wolajan SSTP, Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks, Camat Talawaan Johan Wewengkang S.Sos M.Kes Staf Ahli Ir Wangke Karundeng dan Kumtua Desa Paniki Atas Arry Pua turun langsung di kobong (kebun) melakukan panen perdana jagung Senin (22/5/2017) di Desa Paniki Atas Kecamatan Talawaan.


Panen jagung ini menggunakan alat panen jagung  atau Corn Combain Harvester (CCH) bantuan Kementrian Pertanian yang baru saja diterima kelompok tani melalui Pemkab Minut.


Bupati sempat mengoperasikan alat panen jagung dan sebuah tracktor.
“Saya mengajak petani Minut untuk menanam jagung sebanyak-banyaknya sebab ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Pemkab Minut siap membantu dan kalau perlu kita minta lagi bantuan ke kementrian untuk mengakomodir semua petani Minut,” tukas Bupati VAP.


Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks  mengatakan, “Panen kali ini merupakan yang pertama menggunakan pola mekanisasi alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan kementrian yang baru saja diterima dari Kementrian Pertanian yang merupakan hasil lobi dari Bupati Minut, yang baru diserahkan pekan lalu,” terang Aliks.


Menurut Arly Dondokambey petani pengelola lahan, dengan menggunakan CCH dia bisa menghemat  biaya panen yang cukup besar/hektarnya.

“Dengan menyewa pemetik biasanya Rp 150 ribu/orang termasuk uang makan kostnya mencapai Rp 2.250.000/hektar,  tapi dengan menggunakan CCH ongkos panen yang dikeluarkan hanya sebesar 600 ribu. Dengan estimasi  operator 200 ribu, helper 200 ribu dan bahan bakar 200 ribu.” jelas Dondokambey yang berterima kasih atas bantuan Pemkab Minut ini.


Ditambahkan dengan mekanisasi di bidang pertanian ini dia siap membuka 60 hektar perluasan areal tanam (PAT).
Areal jagung dimana bupati melakukan panen perdana ini seluas 24 hektar.(***)





 
Top