GuidePedia

Capil Zusanne Katuuk SE didampingi Camat Kema Alfrets Pusunggula memberikan sambutan pada acara nikah massal.

Manadoinside.com, Pemkab Minahasa Utara (Minut), melalui Bupati Vonnie Aneke Panambunan (VAP) dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, yang diwakili oleh Kadis Capil Susanne Katuuk SE mensahkan pernikahan massal.



Pernikahan yang diikuti oleh 57 pasangan ini digelar di Balai Desa Waleo, Kamis (15/6). Kepada para pasangan peserta nikah massal, Kadis Capil mengajak untuk saling setia dan tidak pernah berpikir untuk bercerai


 "Ibu Bupati dan Pak Wakil Bupati meminta maaf tidak bisa hadir, karena dalam waktu bersamaan, ada agenda pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) dan Paripurna di Dewan Minut,” ujarnya.


Lebih jauh dikatakan, kawin massal ini memiliki kekuatan hukum yang mengikat para pasangan dalam hukum manusia dan hukum agama.
"Ibu Bupati juga mengingatkan, apa yang sudah disahkan oleh hukum dan agama, jangan pernah dipisahkan, bahkan oleh maut sekalipun," tandas Katuuk.



Usai disahkan secara resmi dan sederhana, para pasangan nikah ini menerima akte nikah secara simbolis. "Semua pasangan kiranya secepatnya merampungkan data-data, kemudian diserahkan ke- pemerintah masing-masing desa, agar secepatnya juga kami selesaikan," pungkas Kadis Capil.



Dalam acara diserahkan juga sembilan berkas Akte Nikah untuk sembilan (9) pasangan nikah yang telah dinikahkan di kantor Discapil beberapa waktu yang lalu.


Penyerahan akte nikah tersebut diserahkan oleh Kumtua Waleo Luisa J Makalew dan Kumtua Waleo Dua Julitje S Tanod secara bergantian, didampingi Kadis Capil dan disaksikan Camat Kema Alfrets Pusunggula, Sekcam Richard Dondkambey dan Direktur PT CAKRA, Jeane Laluyan.


Usai disahkan dan menerima akte nikah, para peserta nikah menggelar makan bersama makan bersama dibalai Desa Waleo.


Menurut catatan yang ada, pernikahan masal terbanyak kali ini merupakan yang terbanyak di Minut untuk tahun 2017 ini. bersama Kumtua Waleo dan Kumtua Waleo Dua, mensahkan pernikahan masal.


Rubby Worek


 
Top