GuidePedia

Bupati saat menjadi inspektur upacara pada peringatan hari guru ke-72 di lapangan Pemkab Minut.

Manadoinside.com, Mengusung tema “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru” Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) tampil menjadi inspektur pada upacara peringatan hari guru yang  juga hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72 Senin (27/11) di lapangan kantor Pemkab Minut.


Bupati membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengajak  mengajak seluruh komponen yang ada di bidang pendidikan untuk bekerja keras bersama mewujudkan dunia Pendidikan yang berkemajuan  melalui keteladanan guru-guru.

Hari guru yang jatuh pada 25 November dengan tema “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan karakter.

Perpres tersebut mengamanatkan guru sebagai sosok utama dalam satuan Pendidikan. Mereka bertanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga, “Disamping itu guru harus juga mampu mengelola kerjasama antara satuan Pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental,” jelas Panambunan.


Ditambahkan, momentum Hari Guru Nasional hendaknya dijadikan refleksi para guru, apakah sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Upacara ini ikut dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi, Agus Mahendra SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Airmadidi Rustiningsih SH M.Si, perwakilan Polres Minut, Sekda Minut Ir Jemmy Hengky Kuhu MA, para kepala SKPD, Dewan Pendidikan Minut serta tokoh pendidikan lainnya sebagai undangan.

 Sedangkan peserta upacara adalah, para pengawas TK, SD dan SMP, para kepala sekolah serta seluruh guru se-Minut
Usai upacara yang dipimpin pemimpin upacara Kepala Sekolah SMP 3 Kalawat Rudy Maramis diserahkan penghargaan bagi 2 orang mantan kepala dinas Pendidikan Minut yang telah purnabakti, 19 orang guru TK, SD, SMP dan tenaga pendidik berprestasi tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.


Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba media pembelajaran tingkat SD dan SMP serta lomba nyanyi Idol Guru TK, SD dan SMP serta Idol Kepsek. Mereka menunjukan kemampuan menyanyi yang cukup  memukau di depan para juri yang adalah pengawas bidang studi seni dan budaya.(ai)



 
Top