GuidePedia



Bupati Minut Vonnie Panambunan bersama Ketua Koalisi Mapalus Nouke Paat memegang bendera Koalisi Mapalus.
Manadoinside.com, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didajlat menjadi pembina utama  sebanyak 14 organisasi masyarakat (Ormas) di Sulawesi Utara (Sulut) yang mengatasnamakan Koalisi Mapalus.

Penetapan VAP sekaligus dirangkaikan dengan deklarasi, bertempat di lapangan depan SMPN 1 Airmadidi Rabu (8/11) 2017.

Ke-14 Ormas ini, yaitu Waraney Tanah Toar Lumimuut, Makatana Minahasa, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), Makapetor, Brigade Manguni, Mina’esa Tou Indonesia, Laskar Maesa, Maesaan Tou Malesung, Brigade Waraney Malesung, Benteng, Babontehu Bor, dan LSM BADAI.

Massa perwakilan dari 14 Ormas di Sulut, mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Mapalus.

Secara khusus Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didaulat menjabat Pembina Utama Koalisi Mapalus.

“Kami melihat sosok ibu Vonnie Panambunan adalah pemimpin yang cerdas, blak-blakan, namun memiliki karakter berani, patriotik serta religius,” ujar Pembina Brigade Manguni Indonesia (BMI) Sulut, Nouke Paat.

Dikatakan Paat, Koalisi Mapalus merupakan wadah persatuan semua ormas di Sulut, yang bertekad menjaga Tanah Toar Lumimuut.

“Kami tidak saling mencampuri urusan internal ormas. Kalaupun ada perselisihan, maka akan dibahas secara musyawarah,” tambah Paat, menyebutkan salah satu bunyi kode etik koalisi.




Deklarasi Koalisi Mapalus dihadiri sekitar 1.500 anggota.

Acara diawali dengan gelar ritual untuk memberi hormat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk selalu membimbing Tou Malesung serta meminta kepada Tuhan semoga melindungi Koalisi Mapalus, yang dipimpin oleh Tonaas Riri Lempoy Siow Kurur dengan bahasa adat.


Pelantikan yang dilangsukan secara adat
Bupati Minut Vonnie Panambunan didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Minut Marthino Dengah mengaku senang dengan kehadira Koalisi Mapulus.

“Saya harap Koalisi Mapalus ini bisa membantu TNI/POLRI menjaga masyarakat, agar tidak terpancing, terutama oleh masyarakat dari luar yang suka memprovokasi. Dengan semangat dan keberanian, kita bisa menjaga keamanan dan ketertiban di Sulut terlebih di Kabupaten Minut. Untuk itu sering-seringlah kita buat acara seperti ini, paling tidak satu tahun tiga kali,” kata Panambunan.

Pada kesempatan itu, Panambunan menyumbang uang seumlah Rp300 juta bagi Koalisi Mapalus untuk dibagikan kepada semua pengurus dan anggota yang hadir.(advertorial)

 
Top