GuidePedia

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minut Vonnie Panambunan menghadiri syukuran Breakthrough Tunnel 2 Ceremony.
Manadoinside.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, sehubungan dengan akan tembusnya terowongan di pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minut.

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, pada syukuran ‘Breakthrough Tunnel 2 Ceremony’ di Kantor Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minut, Selasa (6/3) 2018.


“Jadi acara ini sebagai ucapan syukur kepada Tuhan dengan progres proyek bendungan Kuwil Kawangkoan yang signifikan,” ujar Olly sapaan akrab Gubernur.

Sedangkan Bupati VAP mengatakan, pembangunan terowongan di bendungan merupakan langkah maju dan pemerintah akan selalu memberi dukungan agar proyek ini bisa terlaksana sampai tuntas.

“Khusus pemerintah Kabupaten Minahasa Utara kam sepenuhnya mendukung atas pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara, khususnya Minahasa Utara,” ujar Bupati Panambunan didampingi Asisten I Pemkab Minut Drs Allan Mingkid dan Camat Kalawat Herman Mengko SIP MSi.

Gubernur dan bupati mengelilingi lokasi terowongan bendungan.


Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada pada Kabupaten Minut merupakan bagian program pembangunan 49 bendungan baru Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam periode 2015 – 2019.

Program ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk kedaulatan pangan dan ketahanan air nasional.

“Sebenarnya ada beberapa tahapan dalam pembangunan bendungan ini. Lebih teoatnya terdapat empat tahapan yang menjadi momentum bersejarah yakni groundbreaking, breakthrough terowongan, river closure, dan impounding,” tutur Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Utara Jidon Watania dan Direktur PT Wika Novel Arsyad.


Kehadiran Bendungan Kuwil sangat diharapkan oleh warga Minahasa dan sekitarnya.

Apalagi daya tampung bendungan mencapai 23,37 juta meter kubik menjadi harapan warga untuk mereduksi banjir sebesar 282,18 meter kubik per detik yang sering terjadi di Kota Manado dan sekitarnya.

Selain itu, dengan debit 4,50 m3/detik, bendungan ini bisa menyediakan kebutuhan air baku bagi warga kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung dan KEK Bitung.

Tak hanya itu Bendungan Kuwil juga memiliki kapasitas pembangkit listrik tenaga air sebesar 1,2 Mega Watt dan pariwisata.

Bupati VAP mendampingi Gubernur Olly Dondokambey saat tiba dilokasi proyek.
Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dikerjakan oleh PT WIKA – DMT, KSO , PT Nindya Karya (Persero) Tbk dengan total nilai kontrak sebesar Rp1,41 triliun dengan biaya pengadaan lahan sebesar Rp 232 miliar.

Semula bendungan ini ditargetkan rampung pada Oktober 2020, namun ditargetkan bisa rampung lebih cepat yakni tahun 2019.(advertorial)

 
Top