GuidePedia

Manadoinside.com, Pasca penetapan daerah pemilihan (Dapil) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dimana kota Bitung sesuai dengan 7 prinsip penentuan Dapil, akhirnya memiliki 4 dapil.
(ilustrasi) Pileg 2019

Dapil tersebut terdiri dari, Dapil 1 kecamatan Maesa, Dapil 2 kecamatan Girian dan Madidir, Dapil 3 kecamatan Maruari dan Ranowulu dan Dapil 4 kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan.

Dari ke empat daerah pemilihan tersebut, banyak yang memprediksi "pertarungan" akan panas di dua Dapil. Yakni, Dapil 1 dan Dapil 2. Selain karena di kedua Dapil tersebut bercokol sejumlah nama nama besar di panggung politik kota Bitung, sejumlah petinggi parpol juga ikut meramaikan daerah pemilihan tersebut.

Sebut saja Tonny Yunus yang merupakan Ketua DPC PKB, Ramlan Ifran yang tak lain adalah Sekretaris DPD Partai NasDem, Aldo Ratungalo sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Jecky Ticoalu ketua DPC Partai Demokrat, belum lagi nama nama seperti Billy Glen Lomban yang notabene putra Walikota Bitung, Marcel Tatuil, Hasan Suga, Ditambah dengan sejumlah incumbent, diantaranya, Habriyanto Achmad, Faisal Dzulkarnain, Tresje Rantung, Robby Lahamendu, Nabsar Badoa, Syafrudin Ila, John Hamber, Erwin Wurangian dan Syam Panai.

" Dua dapil ini benar benar menjadi dapil yang sangat kompetetif. Kemungkinan tidak akan ada parpol yang dapat dua kursi di dapil Maesa. Kalau Madidir dan Girian masih ada peluang untuk itu," ujar Sandy Makalalag salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Politik asal Bitung disalah satu pergurian tinggi di Manado kepada media ini, Senin (30/4/2017) via telepon seluler. (Arham Licin)
 
Top