GuidePedia

Panggung yang menjadi ajang perlombaan para kafilah (foto:yazid)
Manadoinside.com, Acara pembukaan  Musabaqah Tilawatul Qur'an ke XXVII tingkat kota Manado berlangsung semarak.

Bertempat di lapangan Sindulang Mas (Boulevard II) Kecamatan Tumintung, Musabaqah tilawatul Qur'an ini rencananya akan berlangsung Kamis 12-16 April 2018.

Diikuti sekira 206 kafila (peserta) yang datang dari kecamatan-kecamatan se kota Manado, malam Musabaqah Tilawatul Qur'an XXVII tahun ini mengusung tema 'Sebagai wahana pembentukan  insan  religius menuju Manado kota cerdas' dibuka Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

"Terima kasih yang setinggi-tingginya kami sampaikan buat pak walikota yang sudah berkenan hadir di acara pembukaan MTQ sekaligus telah membuka acara tilawatul Qur'an 2017 tahun ini.

Mudah-mudahan contoh baik ini memotivasi dan menjadi silahturahmi yang baik antara warga dan pemimpinya di kota Manado apalagi kita sebagai masyadakat yang plural dan majemuk harus bisa saling mengisi dan ikut dalam pembangunanan yang sedang digalakkan pemerintah kota Manado," tutur ketua Panitia MTQ XXVII kota Manado Fatma Binsyech didampingi Yazid salah satu pengurus panitia MTQ di bidang perlengkapan.

Para tamu dan undangan yang memadari tenda yang disiapkan panitia
Lebih lanjut, dikatakan bahwa proses pembukaan MTQ XXVII yang melombakan kategori tilawa mulai dari Hifsil Qu'ran, Fahmil Qu'ran, Makalah Qur'an dan Syahril Qu'ran ini sudah didahului dengan gelaran pawai Ta'ruf sejak Kamis pagi sekira pukul 07.00 Wita sampai selesai dan mengambil start dari lapangan Tikala dan finish di lapangan Sindulang Mas Kecamatan Tuminting.

"Yang pasti para kafila-kafila yang menang dalam tilawa tingkat kota ini nanti mereka-merekalah yang akan mewakili kota Manado di Musabaqah qur'an tingkat provinsi.

Saya berharap ajang ini juga dapat merangsang minat bagi generasi-generasi mudah islam untuk berlomba-lomba mendalami Quran, salah satu caranya dengan lomba tilawa seperti ini," tambah Binsyech, didampingi.

Berdasarkan Pantauan di lapangan Sindulang Mas, aparat keamanan TNI/Polri dikwragkan untuk ikut menjaga keamanan dilokasi.

Apalagi animo warga muslimin yang ingin menjadi saksi sejarah bagi para kafila yang akan bertanding dengan melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an sangat tinggi bahkan tampak undangan yang hadir dilokasi ada yang tidak kebagian tempat duduk.

Namun mereka (undangan) yang berdiri tetap enjoy menikmati malam pembukaan Musabaqah tilawtil qur'an XXVII yang didahului dengan lagu dan irama qasidah yang dibawakan sangar Shimponi binaan Ustadz Fahmi Kangiden dan penampilan siswa-siswi MAN Model Manado.

Turut hadir ketua LPTQ Manado Hj Amir Liputo, Bupati Bolsel Herson Mayulu, Kanwil Kemenag DR.Hi Abdul Rasyid Gandong.M.Ag
Kandepag Irwan Musa SE.M.si.(ai)

 
Top