GuidePedia

Manadoinside.com, -Tertangkapnya pegawai KSOP Kelas I Bitung dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilaksanakan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Bitung akhirnya mengungkap begitu banyak cerita seputar pungutan "gelap" berkedok ucapan "terimakasih" oleh pelaku usaha jasa pelayaran yang keluar masuk di pelabuhan Bitung.

(Manadoinside.com) uang hasil OTT di KSOP Bitung

Menurut salah satu sumber yang meminta identitasnya disembunyikan menuturkan, jika pungutan tersebut sudah berlangsung bertahun tahun. Bahkan, menurutnya proses keluar masuk kapal di pelabuhan akam terhambat jika tidak ada "uang terimakasih" yang diselipkan pada saat proses pengurusan izin berlayar atau pun akan bersandar di pelabuhan.

" Akhirnya ini terungkap. Sebenarnya kami sudah lama mengalami hal ini, hanya saja tidak ada yang berani bucara atau melaporkan kepada pihak berwajib. Karena selain mereka akan mempersulit proses administrasi saat kami mengurus izin berlayar, juga akan banyak kendala lain disaat kapal kami beraktivitas di Bitung," tutur sumber yang juga adalah pengusaha kapal asal pulau Jawa ini, Selasa (7/5/2018).

Sedangkan penjelasan ES alias Erwan, tersangka yang berhasil diamankan dengan barang bukti uang ratusam juta rupiah serta ratusan US Dollar itu, dirinya tidak pernah meminta uang kepada pihak yang mengurus izin padanya.

" Saya tidak pernah minta, hanya mereka yang memberikan dengan sukarela dan itu juga bervariasi. Ada yang 50 ribu sampai 200 ribu perorang," Ungkapnya. (AL)
 
Top