GuidePedia

Tim verifikasi kapangan LBS saat berkunjung ke desa Kiama Barat Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud.
 Manadoinside.com, Kabar gembira buat masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, Kecamatan Melonguane Desa Kiama Barat, Senin 8 Mei 2018, menjadi salah satu nominasi Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat Nasional.   
  
Menurut Anjar, Tim verifikasi lapangan LBS pusat, Kecamatan Melonguane Desa Kiama Barat, yang berada di ujung perbatasan dengan Filipina sudah menggeser posisi beberapa kabupaten kota dalam penilaian LBS.

Untuk penilaian LBS ini dibagi menjadi dua kategori baik itu kota maupun kabupaten.  Dan verifikasi lapangan yang dilakukan setiap tahunnya,  baik itu kabupaten atau kota yang masuk dalam daftar verifikasi sudah bisa berbahagia karna mereka sudah masuk dalam daftar nominasi,” jelas Anjar. 

Ia menambahkan, untuk tahun ini verifikasi dilakukan pada delapan kabupaten dan hanya dua kabupaten yang terpilih sebagai pemenang yang dilihat dari peringkat dan hasil yang di capai.

”Jadi pemenang LBS ini dari delapan kabupaten yang masuk nominasi tim hanya akan memilih dua kabupaten saja,” tuturnya.

Lebih jauh, dikatakan, sejak tahun 1994  Program Lingkungan Bersih dan Sehat bekerjasama dengan TP-PKK yang telah bersinergi dari 10 program TP-PKK pada  program 7,9, dan 10 yaitu kesehatan,  lingkungan,  dan perencanaan sehat.

Untuk mencapai kelancaran ke-10 program TP-PKK tersebut adalah dengan memiliki Dasawisma, bagian kesehatan,  dan kecamatan yang memiliki komitmen untuk bekerja secara  bersama-sama.

Komitmen untuk hidup sehat dari kita semua untuk kemajuan program lingkungan bersih sehat bukan hanya program dan tanggung jawab PKK saja tetapi merupakan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, kegiatan penyambutan tim verifikasi ini turut di hadiri oleh Pihak kesehatan,  Camat Melonguane, semua kepala desa di kecamatan melonguane,  dan masyarakat desa Kiama Barat.

Turut juga Vina Indrisi yang merupakan tim verifikasi dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dan dr. Ri dari tim TP-PKK pusat. Mereka disambut ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Talaud, Henny Paulina Totopandey dan rombongan di sambut secara adat di desa Kiama Barat kecamatan Melonguane.(wati) 

 
Top