GuidePedia

Manadoinside.com, - Iklim investasi di kota Bitung memasuki triwulan kedua tahun 2018 dinilai semakin kurang baik dimata sejumlah pengusaha. Terutama bagi pelaku usaha disektor perikanan yang sudah bertahun tahun "terpuruk" akibat kebijakan pusat.

(ist) salah satu perusahaan yang ada di kota Bitung

Hal ini disampaikan oleh sejumlah pelaku usaha, salah satunya Elyasa Bahalwan yang juga adalah direksi di perusahaan perikanan di kota Bitung. Dimana menurutnya, iklim usaha yang semakin tidak bersahabat dengan mereka ini di perparah dengan tidak adanya jaminan keamanan bagi pelaku usaha.

" Pondasi investasi itu yang paling utama adalah adanya jaminan kepastian hukum. Kalau setiap sengketa hukum, terutama perburuhan, dibiarkan penyelesaiannya diluar jalur hukum, itu akan membahayakan keberlangsungan investasi, saat itulah iklim sudah tidak kondusif lagi," tuturnya kepada media ini, Rabu (30/5/2018).

Selain Elyasa, salah satu pelaku usaha yang meminta identitasnya tidak dipublish juga mengakui khawatir dengan iklim dunia usaha di kota Bitung yang semakin tidak menjamin keberadaan para investor.

" Kalau kondisinya seperti ini terus, bisa bisa pelaku usaha banyak yang akan hengkang keluar. Dimana pemkot dan pemprov tidak mampu memberikan jaminan kepastian hukum kepada kami, " jelasnya saat dihubungi via pesan whatsapp. (AL)
 
Top