GuidePedia

Manadoinside.com, - Sesuai informasi yang diterima media ini, pada hari, Selasa (15/5/2018) akan digelar sidang isbat dalam rangka penentuan 1 Ramadhan 1439 H/2018 M.

(ist) Benny Lontoh, Kadis Perdagangan kota Bitung

Seperti biasanya, penentuan awal puasa ini selalu menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat. Akan tetapi, jatuhnya awal puasa justru dikalahkan dengan pembicaraan naiknya harga harga sejumlah bahan pokok menjelang bulan puasa tiba.

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini, seperti sebuah tradisi yang terus bertahan dikalangan pedagang baik yang ada di pasar tradisional, maupun sejumlah pasar modern. Seperti pantauan awak media ini disalah satu pasar di kota Bitung, sejumlah harga bahan kebutuhan pokok mulai bergerak naik.

" Minyak goreng, rempah rempah, ayam, daging sapi dan beberapa sembako lainnya," tutur seorang ibu rumah tangga yang ditemui saat berbelanja, Selasa (15/5/20118).

Kadis Perdagangan, Benny Lontoh yang diwawancarai sebelum mengikuti rapat EPRA di BPU kantor Walikota Bitung mengakui bahwa pergerakan sejumlah bahan pokok sudah terdeteksi sejak seminggu yang lalu.

" Kami sudah deteksi adanya pergerakan harga sejumlah sembako di pasar pasar tradisional. Kami sudah laporkan ke Bulog dan mereka yang nantinya menentukan jadwal operasi pasar untuk menekan harga yang ada di pasar," jelasnya.

Selain itu, Lontoh juga menyebut tiga daerah yang menjadi kantong besar umat Islam yang akan menjalani ibadah puasa akan dijadikan lokasi operasi pasar.

" Kami sudah memasukkan sejumlah lokasi yang menjadi kantong besar masyarakat yang akan menjalankan ibadah puasa untuk kita jadikan lokasi operasi pasar. Tapi kami tetap menunggu pihak Bulog yang akan memastikan apakah lokasi itu yang dipilih," punglas mantan Kadis Pariwisata kota Bitung ini.(AL)
 
Top