GuidePedia

Manadoinside.com, - Ketatnya proses seleksi penegerian madrasah di Indonesia membuat ribuan madrasah bertahun tahun harus antri untuk bisa di proses menjadi madrasah negeri.


Namun, ketatnya proses penegerian madrasah di lingkungan Kementerian Agama ini, Madrasah Aliyah Negeri Bitung sukses menjadi madrasah aliyah negeri satu satunya yang lolos pada tahun 2018 ini.

Dalam kilas balik yang disampaikan oleh Kepala MAN Bitung Sudarto Katidjo, proses penegerian MAN Bitung dari MA Yaspib begitu ketat dan bersaing dengan lebih 7000 calon MAN se Indonesia. Namun, berkat bantuan seluruh pihak, termasuk cepatnya proses rekomendasi dari pemkot Bitung membuat selama kurun tiga tahun terakhir MAN Bitung sukses berubah status.

" Seluruh masyaeakat Bitung kami ucapkan terima kasih atas bantuannya, terlebih khusus masyarakat Muslim yang ada di kelurahan Kalenturan dan juga kepada pak Walikota yang begitu cepat merespon proses ini," ungkap Katidjo.

Katidjo juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh pendiri dan penggagas MA Yaspib baik yang telah berpulang ke Rahmatullah, maupun bagi mereka yang masih ada ditempat tersebut dan menjadi saksi bagaimana perjalanan MA Yaspib menjadi MAN Bitung.

" Insha Allah para pendiri dan penggagas madrasah ini baik yang mereka sudah mendahului kita semua, maupun kepada mereka yang sampai saat ini masih hadir bersama kita dan menyaksikan suksesnya proses penegerian madrasah ini. Saya mengajak kita semua sejenak mengheningkan cipta dan mengirimkan doa kepada mereka," katanya.

Berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 100 menjadi dasar hukum resminya MAN Bitung.(AL)
 
Top