GuidePedia


Bupati VAP di dampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minut Chresto Palandi SSTP, MSi dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Rina Wibyati bersama sejumlah Bupati dan Walikota usai menerima penghargaan.


Manadoinside.com, Prestasi emas ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut). Kali  ini Bumi Klabat didapuk demgan penghargaan di bidang kesehatan yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Rabu (23/5) 2018 bertempat di Istana Negara Jakarta.

Penghargaan bertitel Universal Healt Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Award tahun 2018 diterima langsung oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) bersama 119 Kabupaten Kota dan 4 Provinsi di Indonesia.

"Atas penghargaan ini bupati bersyukur karena Minut untuk kesekian kalinya bisa meraih penghargaan dibidang kesehatan. Pemkab menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah RI lewat kementrian kesehatan yang sudah memilih Minut sebagai salah satu penerima penghargaan ini,” terang Kanag Humas Chresto Palandi SSTP MSi dalam realesenya.

Sebelumnya Pemkab Minut juga dianugerahi penghargaan Kabupaten Sehat Swastisaba Wiwerda dari pemerintah RI.

Menurut Kabag Humas, VAP mengaku bersyukur dan bangga karena selain alokasi anggaran dari APBD Kabupaten Minut dan APBN untuk mengcover masyarakat kurang mampu menjadi peserta JKN-KIS, di Minut masyarakat kategori mampu juga memiliki kesadaran tinggi untuk menjadi peserta JKN-KIS Mandiri. 

Hal ini mendongkrak pencapaian Minut sehingga meraih angka 95 % dari jumlah penduduk merupakan peserta JKN KIS baik Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Non PBI.

“Terima kasih rakyat Minahasa Utara, terima kasih kepada semua pihak terkait, BPJS Kacab. Manado, Kantor BPJS pelayanan Airmadidi, Dinas Kesehatan Minut, dan semua pihak yg ikut ambil bagian dalam keberhasilan ini. Kerja, keras dan kerja bersama ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kedepan prosentase ini semakin meningkat.

Karena kesehatan adalah hal yang sangat penting. Karena hanya SDM yang sehatlah yang mampu memberikan kontribusi optimal bagi pembangunan daerah untuk Minut yangpasti semakin diberkati,” tulis Kabag Humas Protokol mengutip pernyataan Bupati VAP.

Usai penyerahan secara simbolis di Istana Negara, acara kemudian dilanjutkan di Hotel Grand Mercure untuk penyerahan seluruh penghargaan, sekaligus juga buka puasa bersama.

Hadir juga Kepala Cabang BPJS Manado Greisthy Borotoding. Diketahui Minut sendiri masuk wilayah kerja BPJS Manado.(ai)
 
Top