GuidePedia

Manadoinside.com, Untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) khususnya bagi para petani. Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) menyerahkan 69 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian RI kepada petani Minut. Penyerahan tersebut dilaksanakan dilapangan Sarongsong II depan RSUD Maria Walanda Maramis, Kamis (24/01).

Kadis Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng MAP dalam laporan mengatakan, 69 alsintan bantuan dari kementerian Pertanian terdiri 45 unit alat tanam jagung kedele, 10 unit alat kultivator (pembuat bedengan), 6 unit power trasher multiguna (pemipil jagung/perontok padi dan biji kedele), 5 unit hand sprayer (penyemprot herbisida/pestisida) dan 3 unit pompa air.


“Bantuan ini berkat upaya Ibu Bupati VAP yang terus melobi kementerian pertanian sehingga bantuan alsintan ini bisa datang di Minut dan berikut ada juga bantuan dari Kementrian Pertanian berupa Tracktor. Nantinya alsintan ini dikelola brigade alsintan Dinas Pertanian Minut dan dipergunakan petani dengan sistem pinjam pakai,” kata Karundeng didampingi sekretaris dinas Jemmy Lesar SSos.

Sementara itu, Bupati VAP dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi Kadis dan Sekretaris Pertanian Minut yang beberapa kali mendampinginya untuk melobi Kementerian Pertanian RI. Ia juga berharap bantuan alsintan dirawat dengan baik.


“Tolong diatur agar alsintan ini dibagi ke seluruh kecamatan. Tapi petani yang akan memakainya harus membuat surat perjanjian untuk merawatnya dengan baik dan alatnya juga harus pinjam pakai, bukan menjadi milik perseorangan,” beber Bupati VAP.


Selain para petani, penyerahan alsintan ini turut dihadiri Asisten II Drs Allan Mingkid, Asisten III dr. Jeane Symons MKes, plt. Kepala Badan Bapelitbang Arnolus Wolajan SSTP, Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau SE, plt. Kepala Badan Kesbangpol Daniel Kumenaung Ssos, Kabag Humas Protokol Cresto Palandi SSTP, Camat Airmadidi Alexander Warbung Ssos, Camat Kalawat Johan Wewengkang Ssos MKes, Kabag Umum Audy Sambul SH, Kabag Humas dan Protokoler Chresto Palandi SSTP Msi, dan Kapolsek Airmadidi Iptu Stanley Rambing.(advertorial)



 
Top