Fraksi Klabat Sah, DPRD Minut Paripurnakan 5 Fraksi
Cari Berita

Advertisement

Fraksi Klabat Sah, DPRD Minut Paripurnakan 5 Fraksi

Rabu, 25 September 2019

Sekwan Yossy Kawengian saat membaca nama-nama fraksi dalam sidang Paripurna di DPRD Minut
MINUT – Rapat koordinasi 30 anggota DPRD Minahasa Utara (Minut) dengan Biro Hukum Pemprov Sulut, Rabu (25/09) 2019, terkait polemik pembentukan fraksi gabungan di DPRD menyepakati hanya satu fraksi di DPRD Minut berdasarkan acuan tatib dewan.

Ketua DPRD Minut, Denny Lolong S.Sos pun langsung bergerak cepat dengan meng-agendakan menggelar rapat paripurna penetapan fraksi-fraksi DPRD Minut periode 2019-2020, pada malam harinya usai berkonsultasi dengan Biro Hukum Pemprov Sulut termasuk Fraksi Klabat yang terdiri dari gabungan Parpol.       
Sejumlah anggota DPRD Prasetyo dari Partai Demokrat dan Meidi Kumaseh Partai Nasdem saat mengikuti sidang paripurna 

“Setelah kita tindak lanjuti apa yang menjadi kesepakatan bersama teman-teman anggota dewan untuk berkonsultasi di Biro Hukum Pemprov Sulut. 

Maka hasil dari konsultasi itu disepakati bahwa gabungan parpol hanya bisa dibentuk satu fraksi mengacu dari tata-terib dewan,” tutur ketua DPRD Minut Denny Lolong kepada awak media di ruang kerjanya didampingi Wakilketua Fraksi PDI Perjuangan Novie Paulus dan sekretaris DPC PDIP Decky Wagey.
   
Delon, sapaan karib ketua DPRD Minut menjelaskan bahwa fraksi Klabat saat ini hanya terdiri dari, Partai Gerindra, PKPI dan PBB. Kemudian yang akan kembali bergabung adalah Perindo dan PAN yang surat dari pimpinan Parpolnya sudah di sekretariat Dewan.  


“Jadi fraksi Klabat ini awalnya ada enam parpol kemudian Perindo, Hanura dan PAN keluar. Namun, saya sudah cek di sekretariat dewan bahwa laporanya sudah ada dua surat dari pimpinan Parpol yang menyatakan untuk kembali ke fraksi Klabat, yakni Perindo dan PAN.

Untuk Hanura juga sudah sementara proses untuk bergabung ke fraksi Klabat. Namun jika tidak masuk dengan fraksi klabat maka mereka yang jumlah kursinya tak memenuhi kuota untuk membentuk fraksi utuh harus bergabung dengan Parpol yang memiliki fraksi utuh,”  tukas ketua Delon.

Data yang dirangkum media ini berdasarkan acuan Tatib maka jumlah fraksi di DPRD Minut periode 2019-2024 terdiri dari Fraksi PDIP 9 kursi, Fraksi Partai Nasdem 5 kursi, Fraksi Partai Golkar 4 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, dan Fraksi Klabat 7 kursi kursi, dan PKB dipastikan akan masuk bergabung dengan fraksi utuh yakni Partai Nasdem.     

Di sisi lain, berdasarkan pantauan wartawan media ini bertempat di lantai tiga, gedung putih Pemprov Sulut rombongan anggota DPRD Minut di bawah kepemimpin ketua Denny Lolong S.Sos, wakil ketua I, Shintia Gelly Rumumpe dan wakil Ketua II, Olivia Mantiri tiba sekira Pukul, 12:30 Wita dan langsung masuk di lt3 gedung putih Pemprov Sulut tepatnya di ruangan Kabiro Hukum dan menggelar rapat terturup.(ayi*)


Berikut daftar fraksi di DPRD Minut

Fraksi Demokrat
Ketua Stendy Robdonuwu
Wakil Ketua Stevanus Prastyo
Sekretaris Stevano Pangkerego
Anggota Arnold Lamuni


Fraksi Klabat
Ketua Shintia Erkles
Wakil Ketua Azhar, SE
Wakil ketua II Anthoni Pusung
Sekretaris Denny Sompie SE
Wakil Sekretaris Jantje Longdong
Bendhara Marsell SE MM


Fraksi PDIP
Penasehat Denny K Lolong S.Sos
Ketua Abraham Eha
Wakil ketua Jerry Umboh
Wakil ketua Novie Paulus
Wakil ketua Edwin Kambey
Sekretaris Gerrit Luntungan
Wakil Sekretaris  Chris Yodi Longdong
Bendhara Jimmy Mekel
Wakil Bendhara Vonni Rumimpunu


Fraksi Nasdem
Penasehat Shintia Gelly Rumimpunu
Ketua Meidi Kumaseh
Wakil 1 ketua Paulus Sundalangi
Wakil ketua II Sarhan Antili
Sekretaris Daniel Rumumpu
Wakil sekretaris Arlens Pungus
Bendhara Frederick Runtuwene


Fraksi Golkar
Penasehat Olivia Mantiri
Ketua Paultje Sundah
Sekretaris Edwin Nelwan
Anggota Joseph Dengah