Ikut Orientasi, Fuad: Bermanfaat  Untuk Sinergitas Eksekutif-Legislatif 
Cari Berita

Advertisement

Ikut Orientasi, Fuad: Bermanfaat  Untuk Sinergitas Eksekutif-Legislatif 

Minggu, 22 September 2019

Bupati Minta Aleg Kawal Program Pemerintah 




BOLTIM – Sebanyak 20 anggota DPRD Bolaang Mongondouw Timur (Boltim), terpilih periode 2019-2024, sejak Jumat, 20 September 2019 mulai mengikuti masa orientasi bertempat di Swiss Belt Hotel Maleosan Manado.

Ketua DPRD Boltim, Fuad Landjar mengatakan orientasi yang memang wajib diikuti anggota Dewan terpilih sebab dari  sini semua anggota dewan diberikan  pemahaman terkait regulasi yang berlaku berkaitan dengan isu-isu kerakyatan yang sedang hangat saat ini.

"Iya orientasi ini memberikan kita wawasan dam cara pandang secara nasional termasuk memahami aturan (regulasi) yang sedang dipakai ataupun yang sudah direvisi. Nah disinilah penting peranan dewan untuk menjalin hubungan yang baik dengan eksekutif bersinergi meski saling mengkriti namun tujuanya adalah untuk Boltim yang maju dan sejahtera kedepan," beber Fuad.

Pembukaan orientasi ini dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambey melalui Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi (Pemprov), DR.Paulus Tamaka. 


Pada hari kedua, Sabtu (21/09), 2019 akhir pekan ini pelaksanaan oriebtasi, menghadirkan Bupati Boltim Sehan Landjar SH sebagai pemateri dan narasumber.

Ia mengingatkan, pentingnya peranan DPRD dalam menentukan arah pembangunan Boltim kedepan sebab eksekutif tak bisa mengambil keputusan strategis tanpa ada persetujuan legislatif untuk penganggaran.

"Secepatnya lah dalam penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), agar supaya agenda-agenda kerakyatan yang sudah didepan mata dapat dilaksanakan. Dan fungsi pengawasan legislatif dalam mengawal program-program pemerintah harus benar-benar berjalan," tutur Landjar.

Namun begitu, Bupati Landjar dalam materinya berpesan agar anggota dewan dapat melaksanakan fungsinya sebagai mana mesti, yang memiliki tupoksinya mulai dari pengawasan, legislasi dan budgeting. 

Tujuanya agar supaya proses pembangunan yang direncanakan lewat APBD dapat terkawal dan terealisasi dengan baik dan membuat masyarakat sejahtera secara ekonomi.

"Jadi orientasi ini merupakan kegiatan wajib yang memang harus diikuti dengan begitu apara anggota dewan semakin up date terkait isu-isu  nasional yang setiap saat pasti berubah," jelas Priyamos SH MH.

"Harusnya pembicaraan dua lembaga yang bermitra berkedudukan dan bertanggung jawab yang sama dapat melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik, sehingga DPRD dapat memberikan dorongan Kepada eksekutif,” ujar Bupati Landjar.

Sementara itu, Sekertaris DPRD Boltim, Priyamos SH MM, mengatakan orientasi merupakan kegiatan yang wajib diikuti anggota dewan periode 2019-2024. Alasanya, dalam Bimtek itu ada isu-isu di Minut yang bergerak secara masif dan cepat. 

"Semuanya harus cepat dalam mengetahui akses-akses informasi yang berkembang pesat saat ini sehingga kita tidak akan ketinggalan. Untuk itu, infrastruktur penunjangnya juga harus mendapat perhatian serius," pungkasnya.(yudi*)