Legislator Minut 'Bolos' Kerja Di Hari Perdana. Pendiri Kabupaten Kecewa
Cari Berita

Advertisement

Legislator Minut 'Bolos' Kerja Di Hari Perdana. Pendiri Kabupaten Kecewa

Selasa, 10 September 2019

Utu Mandagi
MINUT -- Tujuh dari 30 legislator Minahasa Utara (Minut) periode 2019-2024 kedapatan absen masuk kantor alias 'bolos' dihari perdana mereka bekerja.

"Kurang lebih ada sekitar tujuh anggota dewan yang tak ikut dalam rapat koordinasi yang dipimpin ketua DPRD Denny Lolong di ruang rapat lantai dua diantaranya Sarhan Antili yang sedang sakit dan Edwin Nelwan," ujar legilator Joseph Dengah (PG) yang juga mantan ketua Badan Kehormatan (BK) pada periode 2014-2019 tanpa merinci nama-nama legislator lain yang 'bolos'.

Sontak saja tak hadirnya wakil rakyat di hari perdana mereka kerja langsung menuai sorotan tajam masyarakat dan menambah stigma negatif terhadap lembaga tempat bernaugnya 30 anggota Dewan yang terhormat hasil Pileg 2019.

Apalagi, hak berupa gaji dan semua fasilitas yang melekat pada anggota Dewan yang terhormat diambil dari APBD murni yang didapat lewat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Minut.

"Sebagai salah satu yang ikut serta dalam mendirikan kabupaten Minahasa Utara, saya kecewa dan sangat menyangkan, karena di hari pertama kerja legislatif yang harusnya membuktikan janji-janji politik dan menjadi ladang pengabdian bagi mereka di gedung Dewan justru tak dimaksimalkan malahan tak  masuk kantor," ujar Utu Mandagi salah satu pendiri kabupaten Minahasa Utara.

Ia mengingatkan, 30 legislator periode 2019-2024 agar menjaga amanat rakyat yang sudah dipercayakan. Keingan masyarakat cukup para anggota dewan melaksanakan fungsi pengawasan, legialasi dan budgeting.

"Bagaimana fungsi ini akan jalan kalau masuk kantor saja mereka (anggota dewan,res) malas. Ukuran keberhasilan kinerja dewan memang tak bisa diukur dari masuk kantor.

Namun kehadiran wakil rakyat di kantor dewan mencerminkan  kinerja mereka termasuk apa yang akan merek buat untuk rakyat.

Berdasarkan pantauan media ini salah satu yang tak hadir adalah politisi PKB Hi Sarhan Antili yang sedang dalam keadaan sakit.

"Iya saya sekarang lagi sakit, dan kurang enak badan," tulis Antili, menjawab konfirmasi wartawan via Whats Up.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Jossy Kawengian, saat dikonfirmasi mengaku tak tau berapa jumlah anggota DPRD yang baru dilantik, yang tak masuk kantor pada hadir perdana masuk kantor.

"Saya tidak tau berapa banyak, hadir karena saya tak menghafal," singkatnya.

Dia pun tak memberi komentar lebih terkait ketidak hadiran para wakil rakyat ini.

"Ya tanya saja sama mereka," singkatnya lagi, sambil berjalan meninggalkan wartawan.(ayi)