Sabet Penghargaan Terbaik Se Sulut, Program Jaga Desa 'Sakti' Turunkan Angka Kriminalitas
Cari Berita

Advertisement

Sabet Penghargaan Terbaik Se Sulut, Program Jaga Desa 'Sakti' Turunkan Angka Kriminalitas

Kamis, 05 September 2019

Stendry Wangke Kumtua Desa Sawangan Minut
MINUT -- Terobosan inovatif dan 'sakti' dilakukan Hukum Tua desa Sawangan, kecamatan Airmadidi Minahasa Utara (Minut) guna meningkatkan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pasalnya, program jaga Desa dengan membangun 10 Pos Kamling di tiap lingkungan dan sudah berjalan selama tiga tahun berdampak positif terhadap menurunya angka kriminalitas.

Menurut Hukum Tua (Kumtua), Sawangan Stendry Wangke, Rabu (4/8), program jaga Desa ini adalah pilot project yang menjadi satu-satunya di Kabupaten Minut.

"Awalnya Desa Sawangan ini adalah desa yang lumayan rawan kriminalitas. Seperti sering terjadi pelemparan batu pada pengendara yang lewat dan lain-lain. Untuk itu, saya berinisiatif membangun 10 pos keamanan di tiap lingkungan. Hasilnya ternyata positif," ujarnya.

Program jaga desa yang sudah tiga tahun terakhir ini berjalan, membuat angka kriminalitas di Desa Sawangan menjadi turun drastis.

"Tentunya saya bersyukur dengan adanya  pos-pos kamling desa Sawangan karena menjadi desa Kamtibmas terbaik," ungkapnya.

Diketahui, pada tahun 2018 Desa Sawangan dinobatkan sebagai desa dengan Kamtibmas terbaik menyisihkan desa-desa yang ada di Sulut. Dengan meraih juara 1 lomba Kamtibmas dan mendapat penghargaan dari Polda Sulut yang diserahkan Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito.

Tentunya keberhasilan ini, tidak lepas dari peran Polres Minut yang mengimplementasikan program printer dari Kapolri melalui inovasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga stabilitas keamanan yang dimulai dari lingkungan sekitar.(ayi)