Sekwan Minut Matangkan Penyambutan Legislator Baru
Cari Berita

Advertisement

Sekwan Minut Matangkan Penyambutan Legislator Baru

Selasa, 03 September 2019

Sekwan Minut Yossy Kawengian (kaca mata)
MINUT - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Minahasa Utara (Minut), memastikan gelaran gladi bersih pengambilan sumpah janji pelantikan 30 legislator periode 2019-2024 dilaksanakan pada Minggu, (8/09) 2019.

"Bila tak ada aral melintang sehari sebelum pengambilan sumpah janji pelantikan 9 September, jam 10 pagi, wakil rakyat terpilih ini kami undang mengikuti gladi bersih yang akan dimulai jam tiga sore," ujar Sekwan DPRD Minut Yossy Kawengian.

Saat ditanya sudah sejauh mana persiapan sekretariar DPRD menyambut pelantikan legislator periode 2019-2024? Kawengian, mengatakan sudah pada proses dekorasi ruangan.

"Terkait kesiapan sekretariat dewan, anggota dewan yang akan dilantik tinggal menyediakan kopiah sesuai ukuran kepala masing-masing. Baju PDH dan PSL sudah dan tinggal diserahkan ke anggota dewan untuk pelantikan," paparnya.

Lanjut, Sekwan Kawengian saat ini pihaknya tinggal menunggu SK, dan PIN emas legislator sudah ada. Khusus status PIN emas adalah pinjam pakai menurut peraturan Kemendagri.

"Untuk belanja modal diatas satu juta dikategorikan aset oleh Kemendagri dan itu akan jadi aset/barang milik daerah. Persiapan lainnya tinggal menunggu SK," tukas Kawengian.

Ia menambahkan, pengambilan sumpah janji pelantikan nanti bila tak ada aral melintang akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan. Dari 30 kursi anggota dewan di DPRD Minut 17 legislator peridoe lama masih bertahan.

"Jadi lebih dari setengah dari jumlah 30 kursi anggota dewan di Minut ada 17 anggota dewan yang baru periode 2019-2024," ungkapnya.

Di sisi lain, pemilihan pelaksanaan gladi bersih sehari sebelum pelantikan 9 September 2019 karena berbagai pertimbangan.

"Kita pilih pelaksanaan gladinya satu hari sebelum pelantikan biar mereka (legislator) lebih mudah mengingat. Selain itu, karena memang waktu dari para anggota yang lain memang tak bisa dilakukan jika dilakukan pada hari yang lain selain tanggal delapan. Sebelumnya mereka dewan yang terhormat sudah saya hubungi via WA le hp selular masing-masing," pungkasnya.(ayi)