Antisipasi Banjir Musim Penghujan Kepala DLH Minta Desa Siapkan TPSS
Cari Berita

Advertisement

Antisipasi Banjir Musim Penghujan Kepala DLH Minta Desa Siapkan TPSS

Senin, 07 Oktober 2019

Sjukri Tawil
BOLTIM -- Mengantisipasi musim penghujan yang mulai turun terutama di Desa yang sering tergenang air dan mencegah terjadi banjir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memiliki program prioritas bersih sehat dari sampah jalanan.

"Program bersih sehat dari sampah jalanan ini sekaligus menindak lanjuti surat edaran dari  Bupati Sehan Salim Landjar SH, pada 20 September lalu  di instruksikan kepada Kepala desa Sangadi untuk dapat menganggarkan pengadaan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPSS) di Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBDes) untuk Tahun 2020 Nanti," tutut Sjukri Tawil, Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Boltim.

Ia menambahkan, anggaran Dana Desa (ADD) sebagai mana  dalam pasal 8 ayat (1) butir  di Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020, bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk membiayai pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana prasarana alam untuk melestarian lingkungan.

"Kami sudah satu minggu belakangan  ini sudah turun langsung membersihkan sampah-sampah liar di jalan sehingga sudah saatnya untuk melakukan penanganan sampah-sampah tersebut lebih intensif," tukas Tawil.

Lebih lanjut, diktakan dengan adanya TPSS masyarakat dapat lebih  memanfaatkan sebagai bagian dari kesadaran hidup sehat. Mengingat Belum adanya Tempat Pembuangan Sampah Berskalah Besar dan daur ulang.

"Harapanya kesadaran masyarakat dalam memelihara bersama kebersihan dan tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat, terutama di pinggir jalan raya. Sebab, menjaga kebersihan lingkungan ini butuh kerjasaam bersama antara masyarakat dan pemerintah," pungkasny.(yudi*)