Dari Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah
Cari Berita

Advertisement

Dari Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Kamis, 31 Oktober 2019

Bupati VAP: Tujuan kegiatan Ini Harus Berdampak Pada Disiplinya Pelaporan


Armando Nuah saat membacakan laporan kegiatan Bimtek yang turut dihadiri Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh, yang sekaligus membuka kegiatan.


MINUT -- Untuk disiplinya pelaporan admnistrasi keuangan, Badan Keuangan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), implementasi paket regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah di lingkup Pemkab Minut tahun anggaran 2019.


Bertempat di Hotel Sutan Raja, Kamis (31/10) kegiatan yang Badan Keuangan diikuti seluruh pejabat pengelolah keuangan di SKPD lingkup Pemkab Minut fan di buka Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh.


Dalam sambutanya Bupati VAP, meminta agar semua pejabat pelaksana penata usaha keuangan di seluruh dinas SKPD, dapat mengikuti Bimtek dengan baik. Tujuannya tentu saja agar supaya proses pelaporan keuangan menjadi baik dan berdampak pada pemberian dana bagi hasil dan opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Jadi ini kegiatan positif untuk disiplinya tata kelola keuangan yang akan berampak pada insentif dana bagi hasil kita dan opini BPK. Saya harap setiap peserta yang menjadi pilihan dari masing-masing SKPD dapat mengikuti Bimtek dengan baik dan sepenuh hati," ingat Panambunan.

Sementara itu, Kabid Anggaran Badan Keuangan, Armando Nuah, dalam laporan Bintek, 2019 menyatakan kegiatan ini untuk peningkatan pemahaman pengelolaan keuangan.

"Kegiatan ini perlu dilalukan sebagai langkah dan peningkatan SDM yang baik dan menyamakan persepsi dan pemahaman dan kualitas pengelolaan keuangan, serta mendalami sistem dan prosedur keuangan, mendalami tata usaha pelaporan keuangan bagi bendahara," kata Nuah.

Ia menambahkn, materi penata usahaan keuangan bendhara penerimaan, bendahara pemotongan dan pemungutan keuangan daerah, dengan melibatkan narasumber dari KPP Pratama Bitung yang diwakili Saiful Abdul.

"Peserta pejabat penata usahaan, badan keuangan, daerah, bendahara penerimaan diharapkan dapat memahami dan dapat melaksanakan penata usahaan yag tepat pengelolaan keuangan daerah, mengetahui tata cara penggunaan pajak bendhara sebagai pemotong dan pemungut pajak," pungkas Nuah.(ayi)