Gubernur Buka Orientasi Pimpinan Dan Anggota Dewan Periode 2019-2024 Minut Di Aryaduta Manado
Cari Berita

Advertisement

Gubernur Buka Orientasi Pimpinan Dan Anggota Dewan Periode 2019-2024 Minut Di Aryaduta Manado

Rabu, 23 Oktober 2019

Staf Ahli Gubernur Roy Tumiwa (tengah) didampingi Ketua DPRF Minut Denny K Lolong saat pembukaan orientasi pimpinan dan anggota DPRD


MINUT -- Orientasi Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa Utara (Minut) periode 2019-2024, Rabu (22/10) 2019 resmi dibuka oleh Gubernur Olly Dondokambey SE.

Bertempat di Lt6 Hotel Aryaduta Manado, orientasi yang diikuti oleh 30 legislator terpilih Minut. Staf ahli Gubernur Drs Roy Marhaen Tumiwa MPd, bidang kemasyarakatan dan SDM, yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, mengatakan
kegiatan ini sebagai momentum strategis anggota DPRD dalam rangka penyelenggaran roda pembangunan daerah.


"Apresiasi yang tinggi disampaikan pada BPSDM dan jajaran serta pimpinan dan anggota DPRD Minahasa Utara yang telah bersinergi dalam kegiatan orientasi yang nantinya akan ada banyak hal yang akan didapat," ujar Tumiwa.

Pose bersama legislator dan staf ahli Gubernur usai pembukaan

Staf ahli Gubernur mengatakan bahwa tujuan orientasi ini, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 2014, tentang kedudukan DPRD, yang bersifat urgen.

Dimana kedudukanya sama dengan eksekutif dalam hal ini kepala daerah, yang tertuang dalam pasal satu angka empat DPRD lembaga yang berkedudukan sebagai unsur pemerintahan daerah.


"Dalam aturan jelas bahwa  pemerintah daerah sebagai penyelenggara pemerintahan dilaksanakan bersama kepala daerah dan DPRD. Jadi roh dan fungsi DPRD kedudukannya sama dengan pemerintah daerah, karena asas tugas pembantuan dan desentralisasi yang melekat pada anggota dewan," beber Tumiwa.

Sementara itu, Ketua DPRD Minut, Denny K Lolong S.Sos secara umum menyatakan orientasi anggota dewan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang aturan-aturan dalam bernegara.

Apalagi DPRD memiliki wewenang membentuk peraturan daerah bersama Bupati, membahas Ranperda yang diajukan Bupati dan melaksanakan pengawasan tentang peraturan daerah Bupati dan yang terkait penyelenggaran penerintahaan di daerah.

"Kegiatan orientasi ini hanya dilakukan sekali dalam lima tahun masa periode anggota dewan dan dilaksankan setelah anggota dewan terpilih dilantik.

Mudah-mudahaan dengan adanya orientasi anggota dewan dapat mengikuti dengan baok dan menjadi bekal bagi legislator melangkah dalam melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat," tutur Delon sapaan akrabnya.

Pelaksana AHA Masengi, Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi
BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov Sulut melaporkan bahwa kegiatan orientasi ini akan berlangsung selama 30 jam pembelajaran dengan jumlah tujuh materi yang akan disampaikan oleh Gubernur Sulut, sebagai narasumber plus tiga orang yang bersertifikasi ToT dari BPSDM Sulut, bersama peserta 30 orang yang berasal dari DPRD Minut.


"Target yang menjadi tujuan kami sebagai pelaksana tentunya semua mteri yang disediakan bisa terserap oleh peserta dan bisa di aplikasikan dalam tugas dan wewenang yang diemban sebagai anggota wakil rakyat," tutup Masengi.

Untuk penyematan PIN peserta orientasi diwakili anggota dewan Vonnie Adel Rumimpunu (PDIP) dan Joseph Dengah dari (PG).

Usai pembukaan orientasi dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh DR Jemmy Kumendong, selaku Karo Pemerintahan Pemprov Sulut, dengan materi isu-isu aktual tentang pimpinan dan anggota dewan.(ayi)