PDIP Optimis Usung Cabup dan Cawabup 2020 Tanpa Koalisi PAN
Cari Berita

Advertisement

PDIP Optimis Usung Cabup dan Cawabup 2020 Tanpa Koalisi PAN

Kamis, 24 Oktober 2019

Meidi Lensun (jas hitam) usai pengambilan sumpa/janji Pimdekab Boltim Periode 2019-2024


BOLTIM -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimis bisa memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Bolaang Mongondouw (Boltim) tanpa harus berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Untuk kader siapa yang nantinya akan di usung Partai saya belum bisa pastikan diinternal kami banyak kader di PDI Perjuangan tanpa harus berkolisi dengan PAN karena PDI hanya membutuhkan tambahan satu kursi untuk bisa mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati.

Namun begitu saya selaku Ketua DPC Boltim akan menunggu rekom dan putusan dari Ketua PDIP Provinsi, siapa figur calon Bupati atau Wakil Bupati Boltim nanti yang akan diusung," ujar Medi Lensun ST, Ketua DPC PDIP Boltim kepada awak media ini, usai usai pengambilan sumpah/janji  pimpinan DPRD Bolaang Mongondow Timur periode 2019-2024.


Sejurus berselang, Bupati Sehan Lanjar SH, yang juga hadir pada saat pengambilan sumpah/janji Pimdekab keluar dari Gedung DPRD Boltim.

Awak media yang sudah menunggu pun tak menyiakan kesempatan dan langsung mencecar pertanyaan ke Bupati yang akan mengakhiri jabatan periode keduanya sekira setahun lagi, terkait Pilkada 2020.

Bupati Landjar yang memamg terkenal akrab dengan awak media pun langsung spontan menjawab bahwa arah politik PAN sudah pasti akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada serentak.

"PAN bukan mungkin, tapi sudah pasti akan berkoalisi dengan partai PDI Perjuangan di Pilkada 2020 nanti.

Jadi untuk Pilkada Boltim saya sudah sangat yakin dan optimis PAN akan bersama PDI Perjuangan," tukas Landjar, seraya menambahkan di beberapa Kabupaten/Kota kendati PAN hanya mendapatkan beberapa kursi di parlemen tapi bisa jadi pemimpin entah di komisi atau fraksi.

Sementara itu data yang dirangkum wartawan media ini menyebutkan ada tiga partai politik di Bolaang Mongondow Timur, yakni PDI Perjuangan, Golkar dan Nasdem, yang dipastikan bisa mengusung calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN), bisa mengusung sendiri tanpa berkoalisi karena memiliki empat kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Menurut Anggota KPU Boltim, Kader Bachmid, beberap waktu lalu untuk dapat mengusung calon kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati, Parpol memiliki minimal empat kursi di DPRD.

Dia menambahkan, Partai PAN paling berpeluang karena tidak perlu berkoalisi dengan partai lain. Meski demikian kata Kader, tidak menutup kemungkinan adanya calon Independen yang mendapatkan dukungan masyarakat melalui pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berikut data jumlah Parpol pemilik kursi di DPRD Boltim periode 2019-2024, PAN 4, PDI-P 3, Nasdem 3, Golkar 3, Demokrat 2, Gerindra 1, PKS 1, PBB 1, PKB 1, Perindo 1.(yudi*)