Hadiri HUT Ke 808 Desa Sawangan. Ini Pesan Wabup Lengkong Terkait Budaya dan Pariwisatanya
Cari Berita

Advertisement

Hadiri HUT Ke 808 Desa Sawangan. Ini Pesan Wabup Lengkong Terkait Budaya dan Pariwisatanya

Selasa, 12 November 2019




MINUT -- Sebagai salah satu Desa tertua di Kabupaten Minahasa Utara Desa Sawangan sangat dikenal dan begitu mengakar bagi masyarakat yang ada baik di Minahasa Utara, Sulut bahkan Indonesia.

Hal ini di karenakan Desa ini sangat terkenal akan warisan leluhur Tou Minaesa yaitu kuburan tua atau juga disebut waruga.


Senin 11 November 2019 adalah hari yang sangat disyukuri oleh masyarakat Desa Sawangan karena berhari ulang tahun ke 808 dan di rayakan dengan penuh sukacita di diiringi pagelaran budaya Minahasa di kompleks Waruga.

Wakil bupati Minahasa Utara Ir Joppi Lengkong, MSi yang diundang untuk kesekian kalinya oleh panitia mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sangat bersyukur bahwa Desa Sawangan yang adalah Desa tertua Di Minahasa Utara setiap tahun mengadakan pagelaran budaya Minahasa yang merupakan aset paling berharga bagi kemajuan pembangunan daerah dan potensi yang sangat luar biasa bagi pariwisata sehingga memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat di desa Sawangan dan Minahasa Utara pada umumnya.


"Sebagaimana kita melihat di berbagai daerah yang maju pariwisatanya yang diandalkan adalah potensi kebudayaan yang dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan daya tarik bagi wisatawan, Minahasa Utara sesuai program Pemerintah di bawah pimpinan bapak presiden Jokowi dan Gubernu bapal Olly.


Sebagai salah satu dari lima daerah wisata super prioritas untuk dikembangkan menjadi pariwisata unggulan di indonesia , tentunya dengan adanya hal tersebut sudah menjadi tugas dari pemerintah daerah untuk menunjang hal tersebut serta menyiapkan alternatif tempat wisata khusus budaya seperti yang ada di desa Sawangan, Waruga, Tarian tradisional, Cakalele dan Kolintang.

Ini harus dikembangkan menjadi suatu tempat pertunjukan rutin di Sawangan ini sehingga memberi nilai ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," ujar  Wabup Lengkong yang juga baru di tetapkan sebagai ketua HKTI Minut yang setiap tahun hadir memenuhi undangan panitia dari beberapa tahun belakangan ini.

Hadir pada kesempatan tersebut hukum tua sawangan Stendry Wangke, SH, wakil ketua DPRD Minut Olivia Wangke Mantiri yang juga ketua TP PKK desa Sawangan , para tokoh masyarakat Sawangan Prof Ronald Mawuntu, SH, Prof Syane Wangke Paulus, AKBP Jeane Ticoalu, Letkol Setiabudi Supio, Laksma Purn Levran Tuela, Mantan Wakil Ketua DPRD Minut Indra oley, Ketua IPMU Denny Wowiling, Direktur Utama PD Klabat Leo Kalempouw, Kadis Perindustrian Toar Sendow, Camat Airmadidi Vicky Luntungan.(ayi)