Jelang Tanding, Atlit Porprov Kurang Asupan Dana
Cari Berita

Advertisement

Jelang Tanding, Atlit Porprov Kurang Asupan Dana

Minggu, 24 November 2019

Kika: Ketua KONI Sevry Nelwan dan Kepala Dispora Maximillian Tapada
MINUT – Ketua KONI Minahasa Utara Sevri Nelwan, meredang menyusul banyaknya agenda perjalanan dinas berbentuk Bimbingan Tekhnis (Bimtek), yang belakangan ramai dilakukan legislator Minahasa Utara (Minut).

Menurut Nelwan, seyogyanya anggota dewan peka dengan persoalan-persoalan yang sedang dihadapi publik.

“Iya jika mereka (Dewan,red) benar-benar terpilih atas suara rakyat mereka bukan sibuk dengan agenda perjalanan dinas yang terkesan menghambur-hamburkan anggaran APBD,” ujarnya.  

Ia menambahkan, coba dihitung sudah berapa kali anggota dewan melakukan perjalanan dinas, kurun September hiingga November ini.

“Dalam catatan saya kalau tidak salah sejak dilantik September sampai November ini sudah ada delapan atau sembilan kali para legislator ini melakukan perjalanan dinas ke luar daerah.  

Jika dikalkulasikan anggaran perjalanan dinas 30 anggota dewan Minut yang dilakukan maka dananya sudah setara dengan  biaya operasional dan akomodasi atlit-atlit Porprov asal Minut yang akan bertanding mengharumkan nama Minut awal Desember nanti,” tuturnya.

Mirisnya lagi, Nelwan yang juga Sekretaris Kontingan Porprov Minut, mengaku kontingen Porprov masih sangat butuh asupan dana karena kekurangan operasional dan akomodasi, termasuk biaya lainnya diantaranya termasuk publikasi atas prestasi atlit yang meraih medali emas nanti.

“Sejauh ini saya juga belum tahu persis berapa anggaran yang disiapkan untuk membawa kontingen bertarung di kota Bitung, yang pasti dananya saya tahu sangat minim,” ungkapnya.

Bila tak ada aral melintang pekan depan ada agenda pertemuan antara KONI, Cabor dan Pemkab bersama Asisten dua selaku ketua kontingan dan Dispora sebagai wakil ketua untuk membicarakan persiapan atlit Porprov di kota Bitung.

“Mudah-mudahan ada solusi-solusi yang terbaik untuk mensupport para atlit yang akan berjuang mengharumkan nama daerah di bidang olahraga,” timpal Nelwan.


Selain itu, Nelwan mendesak agar anggota dewan jeli dalam melihat prioritas yang menjadi kebutuhan, sebab prestasi olahraga menjadi salah satu barometer terhadap sukses tidaknya suatu daerah.

“Jika atlit-atlit ini berprestasi di Porprov maka yang bangga kita semua warga Minut, nah untuk itu butuh kerjasama baik semua pihak baik eksekutif dan legislatif, sebab prestasi ini tidak bisa serta merta datang tanpa support dana dan persiapan yang matang,” pungkas Nelwan.

Terpisah Maximillian Tapoada, Wakil Ketua Kontingen Porprov, yang juga kepala Dispora mengaku bahwa Pemkab sudah menyiapkan anggaran terhadap kontingen tim Porprov asal Minut.

“Memang ada selintingan ada yang mengatakan bahwa Pemkab tak ada dana untuk kontingan tim Porprov yang akan bertanding di kota Bitung.

Saya tegaskan bahwa itu tidak benar sebab anggaran untuk Atlit Porprov ini, sudah ditata dalam APBD Induk 2019,” papar Tapada, tanpa menyebut angka riil dana atlit Porprov yang ditata dalam APBD Induk 2019.(ayi)