Ketua Dewan Instruksikan Sidak Proyek Fisik Yang Gunakan Dana APBD 2019
Cari Berita

Advertisement

Ketua Dewan Instruksikan Sidak Proyek Fisik Yang Gunakan Dana APBD 2019

Kamis, 21 November 2019

Denny K Lolong

MINUT — Memasuki tutup tahun 2019, ketua DPRD Minahasa Utara (Minut) Denny K Lolong S.sos, menginstruksikan agar personel Dewan menjalankan fungsi pengawasan.

Untuk itu, personil Dewan yang tersebar di Komisi-komisi diminta untuk turun melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap proyek-proyek APBD yang dikerjakan hingga akhir Desember 2019. Yang dikhawatirkan jangan sampai ada proyek yang dikerjakan tidak sesuai waktu yang membuat rentan terjadinya korupsi.

“Saya minta agar ketua-ketua komisi dapat mengkoordinasikan anggotanya untuk turun lapangan melakukan peninjauan sebab proyek-proyek APBD yang belum tuntas dikerjakan rawan terjadi penyimpangan dan korupsi,” tutur Delon sapaan akrabnya.

Delon mengatakan yang utama dalam Sidak adalah mengumpulkan data terkait progres pelaksanaan proyek di lapangan. Dan melakukan evaluasi terkait capaian pelaksanaan proyek jangan sampai pekerjaan yang menggunakan anggaran rakyat yang bertujuan meningkatkan sarana infrastruktur justru merugikan rakyat.

“Pengawasan terhadap realisasi proyek ini penting dilakukan biar rakyat tahu sejauh mana realisasi pelaksanaan proyek yang menelan anggaran rakyat,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, SCW sempat menyorot transparansi terkait papan proyek sebagai sumber informasi buat rakyat yang terkesan terlalau mini ukuranya yang di tempatkan di lokasi pelaksanaan proyek gedung olahraga (GOR) di kawasan kantor Bupati yang sedang dilaksanakan pekerjaanya hingga 22 Desember 2019 nanti.

Selain sarana GOR, dana APBD 2019 yang digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur untuk masyarakat berupa jalan, drainase, dan sejumlah fasilitas publik lain.(ayi)