Dinas PMD Gelar Pelatihan Pengelolaan Bumdes
Cari Berita

Advertisement

Dinas PMD Gelar Pelatihan Pengelolaan Bumdes

Rabu, 18 Desember 2019

Pengelolaan Destinasi Wisata Dan Sampah Daur Ulang

Suasana sosialisasi pengurusan Bumdes yanh dilaksanakan Dinas PMD


BOLTIM -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, melaksanakan program pelatihan pengurusan dan pengelolaan Badan usaha Milik Desa (Bumdes) di kecamatan Tutuyan desa Tombolikat Selatan, Selasa (17/12) 2019.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melalui Tuti Logor ST, Kepala Seksi Fasilitasi Sarana-Prasarana dan Bantuan Pembangunan Ekonomi Desa, program terkait pengurusan Bumdes ini sesuai dengan Perda Nomor 13 tahun 2016 pendirian dan pengelolaan badan usaha milik desa.

"Jadi dengan adanya bimbingan ini pengurus Bumdes bisa tahu cara mengelola Bumdes yang benar, kami dari Dinas PMD untuk program unit usaha desa ada dua yaitu destinasi wisata dan pengelolaan sampah yang di daur ulang, dua item ini sangat luar biasa," papar Tuti.

Ketua Bumdes Makilow desa Tombolikat Selatan Hendri Mokodompit, terkait program pelatihan pengurus Bumdes yang di laksanakan oleh Dinas PMD menilai kegiatan ini sangat bagus.

"Apa yang disampaikan kepada kami terkait pengelolaan bumdes sangat baik, apa yang kami tidak tahu jadi tau dengan platihan ini.

Jadi untuk progres bumdes kami untuk kedepan baru ada dua unit untuk kami kembangkan dari destinasi wisata dan pengelolaan samapah yang bisa di daur kembali," ujar Hendri.

Lanjut, Hendri dari progam destinasi wisata yang natinya di kelolah oleh Bumdes, target kedepan nantinya bisa mengundang investor dan para turis asing atau mancanegara berkunjung di desa Tombolikat selatan ini.

"Untuk sampah-sampah yang bisa di daur kembali saya berharap warga masyarakat Tombolikat Selatan (Tomsel) bisa memanfaatkan sampah plastik untuk di daur kembali dijadikan tas serta pernak pernik.

Nantinya di bumdes kami akan mengelola pemasaran barang yang didaur kembali ini lewat bumdes dan ini jadi produk unggulan kami," paparnya.

Sangadi Tombolikat Selatan (Tomsel) Zulkifli Mokodompit, untuk pengurusan Bumdes baru terbentuk. Jadi memang langsung diberikan pembekalan melakui pelatihan pengurus.

"Bumdes Tomsel ini, dinakhodai Hendri Mokodompit, sedangkan sekretaris Juliato Mamonto dan selaku bendahara Sartika Dilapanga," jelasnya.

Lanjutnya, pembekalan atau pelatihan ini, untuk menjalankan program Bumdes yang akan dilaksanakan tahun 2020 disamping pelatihan ini, kata Sangadi, sirinya berharap agar warga masyarakat desa Tomsel ikut mendukung kegiatan-kegiatan yang terprogram dalam Bumdes.

"Iya, warga harus ikut mendukung program Bumdes. Sehingga, apa yang menjadi potensi di desa yang bakal dikembangkan terealisasi. Ini semua untuk desa kita. Manfaatnya juga untuk kita semua," tutupnya.(yudi*)