Sumber Dana Proyek Jalan Dan Jembatan Di Nuangan Iyok Tak Tertera Di Papan Proyek ?
Cari Berita

Advertisement

Sumber Dana Proyek Jalan Dan Jembatan Di Nuangan Iyok Tak Tertera Di Papan Proyek ?

Minggu, 15 Desember 2019




Suasana terkini perkerjaan peningkatan jembatan dan jalan di Nuangan Iyok


BOLTIM -- Aroma diduga terjadi 'kongkalikong' di pelaksanaan proyek peningkatan jalan dan jembatan desa Nuangan desa Iyok dengan pelaksana CV Totabuan Jaya merebak.

Pasalnya, sumber dana mega proyek berbandroll Rp2.860.493.070,85 dari Dinas PUPR Boltim itu tidak tercatat pada papan proyek yang tertera di lokasi sehingga menimbulkan kecurigaan karena kurangnya transparansi.

Padahal, sumber dana di papan proyek wajib ada saat pekerjaan dimulai karena bagian dari transparansi dan sebagai sumber informasi bagi masyarakat sebagai partisipan yang akan ikut melakukan pengawasan proyek pekerjaan.

Informasi yang dirangkum media ini proyek peningkatan jalan dan jembatan desa Nuangan Iyok dengan Nomor.Kontrak 51/D.11/DPUPRPRKPP/B.BM/SP/VII/2019 dengan waktu pekerjaan selama 180 hari kalender, berdasarkan hasil pantauan media ini Jumat (13/12), masih sementara dipacu pengerjaanya.

Proyek yang mulai di kerjakan 1 Juli 2019 sampai saat ini realisasi pekerjaanya diprediksi baru sekira 60-70%.

Padahal proyek jalan dan jembatan Nuangan Iyok ini nantinya masih akan melakukan pengaspalan Hot Mix sepanjang 150 meter.

"Kami diberi waktu sampai 27 Desember 2019 dan sudah harus selesai, saat ini kami sedang berpacu untuk pekerjaan ini sebelum tanggal yang sudah diberikan,l. Dan kami pastikan pekerjaan ini akan selesai sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan," kata Saiful Mokoginta ST. MM, selaku pengawas dan pelaksana dari CV Totabuan Jaya.

Soal sumber dana yang tidak tertera di papan proyek Saiful Mokoginta mengaku tidak tahu.

"Kalau papan proyek yang membuat dan mencetak bener itu dari pihak Pekerjaan Umum yang menyediakan. Kalau sumber anggaran nanti saya cek di lagi di laptop sumber anggaranya dari mana setekah tiba di Mess," beber Mokoginta.(yudi*)