PILAKADA MINUT: Berlangsung Meriah KPU Sukses LAUNCHING PILKADA 2020
Cari Berita

Advertisement

PILAKADA MINUT: Berlangsung Meriah KPU Sukses LAUNCHING PILKADA 2020

Selasa, 17 Desember 2019

Suasana Launching Pilkada Minut 2020 yang berlangsung semarak



MINUT — Komisi Pilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa Utara menggelar LAUNCHING PIKADA Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.


Menghadirkan elemen masyarakat tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas,LSM hingga kaum milenial sebagai pemilih pemula berlngsung meriah.


Acara yang dikemas unik dan meriah ini dipusatkan di terminal Airmadidi, Senin (16/12) 2019.


Ketua KPUD Minahasa Utara Stella Runtu dalam sambutannya mengatakan, launching Pilakda 2020 ini merupakan ajang untuk menyampaikan masyarakat bahwa tahapan Pilkada di Minahasa Utara sudah dimulai.

Dengan dimulainya tahapan Pilkada ini pihaknya mengajak masyarakat untuk bertisipasi aktif dalam mengikuti menyukseskan seluruh tahapan Pilkada hingga pada pemilhan kepalada daerah 23 September 2020 mendatang.

“Partisipasi politik merupakan sikap masyarakat dalam menentukan pilihan dan arah menuju perubahan yang lebih baik kedepannya.

Salah satu indikator keberhasilan dan kualitas pelakasanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah partisipasi masyarakat dalam mengikuti tahapan-tahapan pemilu.”kata Runtu.


Senada dikatakan Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara Hendra Lumanauw menuturkan, partisipasi dan peran serta masyarakat dan menyukseskan tahapan Pilkada ini sangat penting, untuk itu ia mengajak supaya seluruh masyarakat agar berpertisipasi aktif dalam mewujudkan Pilkada yang aman, damai, bermartabat serta berintegritas.

“Marilah kita menjadikan seluruh proses Pilkada di Minahasa Utara ini untuk membangun dan mewujudkan sebuah peradaban politik yang humanis karena sejatinya kontestasi politik Pilkada hanyalah media untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan pembangunan daerah,” ujarnya.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh yang membuka acara dalam sambutan yang diwakili Sekda Ir Jemmy H Kuhu mengatakan LAUNCHING PILKADA ini menandai dimulainya tahapan resmi pemilihan kepala daerah yang akan dihelat 23 September 2010 nanti oleh KPU.

Untuk itu, mari jaga keamanan dan ketertiban bersama aparat TNI/Polri hindari hoax untuk kenyamanan selama tahapan berlangsung.

“Kami mengajak masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan Pilkada ini berlangsung.

Perbedaan dalam pilihan adalah hal yang lumrah dalam setiap kontestasi politik,” ujar Kuhu.


Komisiner KPU Sulawesi Utara, Salman Saelangi dalam arahannya mengatakan, LAUNCHING PILKADA ini sengaja melibatkan kelompok dan lapisan masyarakat agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan tahapan Pilakda di Bumi Klabat.


“Saat ini masyarakat diberikan kesempatan berperan aktif dalam Pilkada bahkan KPU memberikan kesempatan itu lewat pelibatan pembentukan panitia ad hock.


Ini sangat penting karena sukses tidaknya pelaksanaan Pilkada ini, sangat bergantung pada partisipasi masyarakat,” pungkasnya.


Hadir dalam pelaksanaan LAUNCHING PILKADA tersebut, unsur Forkopimda Kajari Minut Fanny Widyastuti SH, Kapolres Minut AKBP Grace K Rahakbau SIK, Dandim 1310 Bitung, ketua DPRD Minut Denny Lolong S.Sos, Anggota DPRD Provinsi Sulut Jhoni Panambunan, Bawaslu Minut, Sekretaris KPU Minut Winda Tulangouw.(ayi)