Lucia Tambani Daftar Calon Bupati Minut Di Pargab Gerindra, PKPI dan PAN
Cari Berita

Advertisement

Lucia Tambani Daftar Calon Bupati Minut Di Pargab Gerindra, PKPI dan PAN

Kamis, 19 Maret 2020

Minta Perempuan Cinta Politik


Lucia Margaretha Tambani
Tim Calon Bupati Lucia Margaretha Tambani pose bersama tim penjaringan Pargab usai mengambil formulir pendaftaran calon Bupati

MINUT -- Niat calon Bupati Minahasa Utara Lucia Margaretha Tambani, untuk bertarung dalam kontestasi Pilkada bukan isapan jempol belaka. Buktinya, Rabu, (18/03) 2020, siang tim Lucia Tambani, mengambil formulir pendaftaran Calon Bupati di sekretariat partai gabungan Kabupaten Minahasa Utara.

Partai gabungan ini terdiri dari Partai Gerindra, PAN dan PKPI memiliki jumlah 4 kursi di DPRD Kabupaten Minut.

Sebelumnya Wanita Cantik asal Desa Pinilih ini sudah mendaftar di Partai Golkar, Nasdem dan Partai Demokrat. Namum, untuk lebih menguatkan dukungan partai Politik, Lucia Tambani terus melakukan loby dan pendekatan dengan berbagai kalangan utamanya partai politik.

"Lebih banyak partai yang mendukung akan lebih baik dalam perjuangan memenangkan kontestasi Pilkada Minut 2020. Dimana, nanti kader partai-partai tersebut hingga ke tingkatan desa dan dusun akan diberdayakan dalam program ekonomi kerakyatan yang selalu dan sudah lama saya gaungkan dan laksanakan," ujar Selvi sapaan akrabnya.

Diketahui sebelum menyatakan diri maju sebagai Calon Bupati, Lucia Tambani tampil sebagai motivator yang banyak memberikan motivasi bagi masyarakat Minahasa Utara.

Lucia Tambani mengatakan, setiap orang sukses (karir atau pun rumah tangga) harus memiliki karakter tangguh. Mereka tidak boleh mudah jatuh dan harus mampu menyelesaikan persoalan.

Itu pun berlaku bagi mereka yang bekerja di bidang politik.

Ia meminta setiap calon pemimpin untuk bisa mengajak masyarakat untuk sadar politik.

“Politik adalah sarana untuk melatih dan memilih pemimpin. Ketika masyarakat sadar akan tugas dan kewajibannya untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan sebagai literasi politik, politik uang dapat ditekan semaksimal mungkin,” katanya.

Dalam hal Lucia sebagai perempuan,
Ia mengatakan perempuan harus bisa berbenah. Selain menjadi pemimpin, mereka harus melahirkan calon-calon pemimpin yang dapat menjadi pengambil kebijakan untuk mensejahterahkan masyarakat.

Putri asli Minahasa Utara yang berdomisili di Desa Pinilih Kecamatan Dimembe itu mengatakan, perempuan harus bisa sejajar dengan kaum pria.  Apalagi perempuan adalah tiang dalam keluarga.

"Penyangga harus lebih kuat dari yang disanggah. Kodratnya perempuan sebagai penolong. Perempuan sudah seharusnya lebih kuat dari pada yang ditolong. Perempuan adalah pejuang di dalam keluarga, yang rata-rata lebih banyak waktu dengan anak-anaknya dan yang memanajemen keuangan dalam keluarga,” katanya.

Ibu dari Marsell anggota DPRD Minut terpilih ini optimistis, ketika perempuan berbenah diri, pasti akan tercipta perubahan-perubahan. Hal itu dimulai dengan perilaku setiap hari, menata ekonomi keluarga, serta dengan banyak membaca dan berlatih, mengambil bagian dalam kegiatan organisasi.

“Lama-kelamaan tambah sadar tumbuh calon-calon pemimpin baru yang akan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Semoga dari kaum perempuan akan tumbuh benih-benih kecintaan pada politik. Politik adalan sarana mencapai tujuan kesejahteraan rakyat dengan mencari pemimpin yang baik dan benar," ujar Selvi Tambani.

Sementara itu, Ketua Gerindra Minut Herry Tombeng melalui anggota tim penjaringan Pargab (Gerindra, PKPI dan PAN), David Tombeng membenarkan pengambilan formulir pencalonan Calon Bupati Lucia Margaretha Tambani melalui timnya.

"Iya benar, ada tim dari Calon Bupati Ibu Lucia Margaretha Tambani yang datang mengambil formulir pendaftaran di Pargab. Proses pendaftaran kami masih buka sampai Jumat 20 Maret," jelas Tombeng yang dihubungi via HP selularnya.(ayi)