Parade Pangan Dinas BKP Warnai HUT Ke-4 Kepemimpinan VAP-JO di Minahasa Utara
Cari Berita

Advertisement

Parade Pangan Dinas BKP Warnai HUT Ke-4 Kepemimpinan VAP-JO di Minahasa Utara

Jumat, 21 Februari 2020

MANUA: Tujuan Parade Digelar Untuk Sosialisasi Pangan Lokal Sebagai Sumber Gizi Keluarga.


Bupati VAP didampingi Kapolres dan Dandim saat meninjau salah satu mobil yang digunakan dalam Parade Pangan

MINUT  --- Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-4 kepemimpinan Bupati DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong di Bumi Tonsea berlangsung meriah.

Pasalnya, di peringan HUT kepemiminan VAP-JO tahun ini temanya Minut menyapa dunia lewat Parade Pangan yang digelar pemerintah kabupaten melalui Dinas Badan Ketahanan Pangan (BKP).

Parade pangan berlangsung semarak l digelar di lapangan depan RS Walanda Maramis, Jumat 21 Februari 2020. Diikuti oleh 11 Mobil yang berhiaskan hasil tanaman pangan asal Minut berupa sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, rempah bahkan kue tradisional khas daerah terpanjang dan melingkar di mobil yang dihias beraneka ragam.


Bupati VAP dalam sambutannya mengucap syukur atas anugerah Tuhan selama 4 tahun Minut diberkati Tuhan dengan  tersedianya pangan yang bertumbuh subur dan boleh memenuhi kebutuhan  masyarakat.

"Trima kasih kepada Tuhan karena pada tanggal 17 Februari 2020, saya dan wakil bupati Minahasa utara telah 4 tahun memimpin Minahasa utara. Trima kasih untuk semua masyarakat yang telah memdukung kami, terimah kasih untuk Sekda, Kapolres, Dandim, Dinas-dinas dan semua jajaran yang telah yang telah turut membantu kami membangun Minahasa utara," ucap VAP, seraya mengingatkan agar masyarakat jangan malas, tapi terus berusaha dan bekerja.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minut Johana Norce Manua mengatakan tujuan digelarnya Parade yaitu, untuk mensosialisasikan pangan lokal sebagai sumber gizi keluarga.

Memperkenalkan potensi pangan lokal kepada masyarakat, juga mengangkat citra pangan lokal sebagai makanan yang dapat dikomsumsi semua orang, dan untuk mengembalikan kearifan pangan lokal masyarakat dalam konsumsi budaya pangan lokal.

"Kami ingin masyarakat Minahasa utara punya kecintaan kepada pangan lokal minahasa utara sehingga  pangan lokal selalu tersedia ditingkat rumah tangga," ucap Manua.

Manua juga mengatakan, jika di tiap rumah tangga tersedia pangan lokal, maka kita dapat menekan inflansi daerah.

Peserta parade pangan ini dari para pelaku-pelaku pangan dan pengrlolag kue dari Minut.

Turut hadir dalam parade pangan ini, Sekertaris daerah Ir Jemmy Kuhu, MA, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau, SIK.M.Si, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, para kepala SKPD Minut dan jajaran serta masyarakat.(ayi)