Bupati E2L Pimpin Forkopimda Kepulauan Talaud Hadiri Rakornas Pamtas Negara 2020
Cari Berita

Advertisement

Bupati E2L Pimpin Forkopimda Kepulauan Talaud Hadiri Rakornas Pamtas Negara 2020

Kamis, 12 Maret 2020

Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (Dari kiri) saat mengikuti Rakornas Pamtas Negara Tahun 2020, Rabu (11/3) 2020. (foto:Ist)


TALAUD – Rapat Koordinasi Nasional Pengamanan Perbatasan Negara Tahun 2020 yang diselenggarakan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut, bersama Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irawan Gupta rochman dan Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan di Ballroom Hotel Pullman Lt. L Central Park Podomoro City, Jakarta Barat, Rabu (11/3) 2020.

Dalam laporannya, Plt. Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro mengatakan, rakor dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang arah kebijakan pengamanan perbatasan.

“Maksud dan tujuan dari pelaksanaan Rakornas Pamtas 2020 ini adalah memberikan pemahaman tentang arah kebijakan dan strategi pengamanan perbatasan negara,” kata Suhajar.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut para peserta akan menggali dan menemukan permasalahan-permasalahan pengelolaan batas wilayah negara dan lintas batas negara yang nantinya digunakan sebagai dasar perumusan dan kebijakan untuk mewujudkan sistem pengamanan perbatasan negara terpadu menuju perbatasan negara yang aman, tertib, dan dinamis.

“Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Rakornas ini adalah tersusunnya rekomendasi dari perspektif masing-masing pemangku kepentingan untuk dijadikan dasar perumusan dan penyusunan sistem perbatasan negara yang terpadu sebagai penopang tata kelola perbatasan negara yang efektif menuju perbatasan negara yang aman, tertib, maju dan dinamis,” papar Suhajar.

Untuk memperoleh hasil yang diharapkan tersebut, kegiatan yang mengusung tema “Perwujudan Sistem Pengamanan Perbatasan Terpadu menuju Perbatasan Negara yang Aman, Tertib, Maju dan Dinamis” tersebut menghadirkan Menkopolhukam Mahfud Md dan Mendagri sekaligus Kepala BNPP Tito Karnavian sebagai pembicara kunci.

Selain itu, ada juga narasumber lain dari Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala BNN, Kepala BNPT, Kepala BNP2TKI, Kepala Bakamla, Kepala Bidang Politik dan Hukum Bappenas, Dirjen Strategi Pertahanan Kemenhan, Dirjen Hukum Perjanjian Internasional Kemenlu, Dirjen Imigrasi Kemenkumham dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu.

Kemudian, ada juga Kepala Badan Karantina Ikan KKP, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian serta Dirjen Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit Kemenkes yang Membawahi Karantina.

Rakor Pamtas ini diikuti 650 orang peserta, terdiri dari pejabat tingkat pusat dan pejabat tingkat daerah, pejabat pimpinan tinggi madya, dan pejabat pimpinan tinggi pratama K/L pemerintah dan non Kementerian BNPP.

Gubernur dan bupati/walikota yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga, pangdam, kapolda, danrem, dandim serta kapolres yang wilayah kerjanya berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Komandan Satgas, kepala Bakamla zona wilayah barat tengah dan timur, kepala perwakilan BNN dan BNP2TKI provinsi dan kabupaten/kota di wilayah perbatasan negara, kepala kanwil, kepala kantor dan satuan imigrasi, bea cukai, karantina kesehatan, karantina pertanian dan karantina ikan yang wilayah kerjanya berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Serta kepala badan dan biro pengelolaan perbatasan pada provinsi dan kabupaten/kota perbatasan negara dan pejabat BNPP termasuk adminstrastor PLBN.(Arnoldus Pumpodong)