Data Penerima BLT Masih 'Digodok' Tim DPMD
Cari Berita

Advertisement

Data Penerima BLT Masih 'Digodok' Tim DPMD

Selasa, 05 Mei 2020


KOTAMOBAGU --  Kesabaran masyarakat kurang mampu harus diuji di masa Pandemi COViD-19. Pasalnya, program penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang seyogyanya segera disalurkan masih harus di 'godok' untuk menunggu verifikasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkot Kotamobagu.

Menurut kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Rum Mokoagow, para penerima BLT masih diverifikasi dan harus tidak terdaftar sebagai penerima PKH dan BPNT serta pemilik Kartu Prakerja.

“Jika verifikasi data masyarakat yang berhak menerima BLT sudah rampung, maka secepatnya akan segera disalurkan kepada yang berhak.

 Verifikasi data ini perlu dilakukan dengan alasan untuk memastikan bahwa warga yang menerima BLT benar-benar tergolong warga kurang mampu,” ujar Rum.

Lanjutnya, dari DPMD ada tim yang langsung menemui warga untuk mengecek apakah bersangkutan benar-benar penerima bantuan sesuai data yang telah dimasukan.

“Nantinyabada juga Monev (monitoring dan evaluasi) dari BPD dan inspektorat,” ucap Rum.

Selain itu, Rum mengatakan, usai dilakukan verifikasi data, maka akan dilanjutkan dengan agenda musyawarah perangkat dan tokoh masyarakat di tingkat desa.

“setekah semuanya tuntas baru kemudian penyaluran BLT dilakukan dengan rincian setiap kepala keluarga berhak mendapatkan bantuan uang senilai 600 ribu,” pungkas Rum.(eko)