Di Tangan Bupati VAP Minut Sabet WTP Yang ke Lima
Cari Berita

Advertisement

Di Tangan Bupati VAP Minut Sabet WTP Yang ke Lima

Senin, 11 Mei 2020

Bupati Vonnie Anneke Panambunan bersama pejabat teras usai menggelar Vidcon di Kantor Bapalitbang Minut

MINUT -- Prestasi gemilang kembali ditorehkan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam sistem pengelolaan keuangan dan aset. Dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019, Minut mampu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tren positif ini sekaligus mengukuhkan Bupati Minut Dr. (H.C) Vonnie Anneke Panambunan, S.Th, menjadi tokoh utama sebab ditangan beliau Minut keluar dari opini disclaimer. Saat ini, karena Minahasa Utara tercatat 5 tahun berturut-turut mendapatkan opini WTP dari BPK terkait pengelolaan keuangan.

"Puji syukur kepada Tuhan, karena dimasa kepemimpinan saya selama hampir 5 tahun, LHP Laporan Keuangan mendapat opini WTP ke-5 kali berturut-turut," ucap VAP sikatan bupati Minut ini, Senin (11/05) 2020.

Lebih lanjut dikatakan ibu dua anak ini, keberhasilan ini merupakan kerja keras dan kerja sama yang baik seluruh OPD.

"Ini adalah buah dari komitmen dan kerja keras. Kita mampu mempertahankan predikat WTP 5 tahun berturut-turut. Ini menandakan bahwa dari tahun ke tahun sistem pengelolaan keuangan dan aset di Minut sudah baik," ujar bupati pilihan rakyat ini.

"Saya berterima kasih untuk team work jajaran Pemerintahan Kabupaten Minut. Semua telah bekerja keras hingga hasil ini bisa memuaskan," kata bupati.

Sambung bupati dua periode ini mengungkapkan, informasi yang diterimahnya ada oknum yang memberi argumentasi bahwa Minut potensi tak terima WTP tahun 2019.

"Puji Tuhan ini adalah bukti, bagi mereka yang meragukan kepemimpinan kami," tukasnya.

Meski begitu, pemilik DB 1 F ini, menuturkan, Kedepan Pemkab Minut akan jauh lebih optimis. Dimana, pengelolaan keuangan akan lebih diperketat dan akan diteliti serta terkontrol dengan baik. Sehingga, tak ada cela ada kerugian negara.

"Tidak ada lagi celah penyalahgunaan keuangan. Tidak saja dalam pengawasan eksternal BPK dan Aparat hukum lainnya, tetapi pengawasan internal juga kita perkuat sebagai preventif," tegas bakal calon gubernur ini.(***)


Berikut torehan Opini BPK terhadap LKPD Kabupaten Minut

Tahun Anggaran Opini:
2015  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
2016  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
2017 Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
2018 Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)
2019                        Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)