DINILAI BERHASIL, VAP KADER NASDEM YANG LAYAK TERIMA SK UNTUK SULUT SATU -->
Cari Berita

Advertisement

DINILAI BERHASIL, VAP KADER NASDEM YANG LAYAK TERIMA SK UNTUK SULUT SATU

Kamis, 18 Juni 2020

Pengamat Politik dan Pemerintahan Allan S Parinusa S.Sos, MAP

MINUT -- Tingginya tensi politik diinternal Partai Nasdem menyusul penentuan figur yang akan dikeluarkan SK pencalonan di Pilkada Sulut menarik untuk diikuti.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulawesi  Utara Allan S Parinusa S.Sos, MAP, angkat bicara terkait panasnya konstelasi politik diinternal Nasdem.

Menurut, Allan sapaan akrabnya, DPP Partai Nasdem akan membayar dengan harga yang sangat mahal jika salah menentukan calon di Pilkada Sulut yang akan dihelat 9 Desember 2020 nanti.

"Saat ini ada tiga nama yang disebut-sebut khalayak masyarakat Sulut jika bicara SK Nasdem untuk Pilgub Sulut, VAP, GSVL dan E2L.

Nah, dari ketiga nama ini jika DPP Nasdem salah menentukan calon maka akan berdampak terhadap nama besar Nasdem," tutur Allan.

Lanjutnya, dari aspek politik sejatinya DPP harus melihat indikator-indikator keberhasilan yang sudah dilakukan bukan yang baru akan dirancang.

Jika indikator keberhasilan Nasdem yang dipakai maka Vonnie Anneke Panambunan (VAP) calon yang paling layak dibandingkan GSVL atau E2L.

 "Yang paling spektakuler VAP mampu sukseekan kampanye Nasional Nasdem di Stadion Klabat saat pemenangan presiden Jokowi.

Kedua, VAP mampu menaikan secara signifikan kursi Nasdem di Kabupaten Minut dari satu kursi sebelumnya menjadi lima kursi saat VAP menjabat ketua DPD Nasdem Minut, dan menyumbang satu dari dua kursi Nasdem di DPRD Sulut dapil Minut-Bitung," tukas Allan, seraya menambahkan bahwa raihan 2 kursi Nasdem di DPR RI yang di tempati Felly Runtuwene dan Hillary Brigita Lasut (HBL) ada campur tangan VAP.

Allan berkeyakinan bahwa GSVL akan lebih fokus untuk melihat next pemimpin Kota Manado yang akan menggabtikan dirinya, dan hal tersebut sudah terlihat dengan minimnya sosialisasi yang dilakukan GSVL di Pilgub Sulut.

"GSVL terlihat lebih fokus untuk berinvestasi politik di kota Manado, dengan mempersiapkan JPAR dan atau Chresto untuk next Walikota Manado setelah dirinya," bebernya, seraya menimpalai VAP dan GSVL dua figur hebat yang menjadi Bupati dan Walikota selama dua periode di wilayah masing-masing.

Bagaimna dengan E2L yang sudah bersosialisasi lewat baliho menggunakan logo Nasdem ? Allan, melihat ada baiknya E2L fokus di daerah kepulauan Talaud sesuai janji politiknya namun tidak menutup kemungkinan E2L bisa maju karena itu bagian dari hak politik beliau (E2L).

"Rata-rata DPP Parpol termasuk Nasdem melihat kader yang berhasil untuk di calonkan di Pilkada, dan keberhasilan utu sekali lagi saya tegaskan ada pada figur seorang Vonnie Anneke Panambunan," pungkasnya.(***)